Sekda Lampung ke Papua Motivasi Atlet yang Bertanding di PON XX

Jayapura–Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mewakili Gubernur Arinal Djunaidi, tiba di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Kamis (30-9-2021), sekitar pukul 7.00 waktu setempat.
Kedatangan Fahrizal bersama Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung Yusuf Sulfarano Barusman dan sejumlah pengurus, induk organisasi olahraga itu untuk memotivasi para atlet yang sedang berlaga di PON XX Papua.
Fahrizal meminta para atlet Lampung, menjaga kondisi kesehatan dan tetap semangat bertanding meraih prestasi mengharumkan nama daerah.
Hal senada disampaikan Ketum KONI Lampung Yusuf Barusman. Dia meminta, seluruh atlet dan kontingen tetap semangat. Menjaga kekompakan untuk meraih prestasi terbaik, mengembalikan kejayaan olahraga Lampung.

Sebelumnya, rombongan kontingen Lampung yang dipimpin Sekdaprov Fahrizal Darminto dan Ketum KONI Yusuf Sulfarano Barusman, disambut tarian Mambri. Prosesi penyambutan berlangsung di Stadion Barnabas Youwe, Sentani, Kabupaten Jayapura.
Edi Paisey pelatih Sanggar Kesenian Onomifokha mengatakan, Mambri merupakan tari kreasi untuk menyambut tamu kehormatan.
“Ini tari kreasi yang kita kolaborasikan dari seluruh seni budaya suku-suku di Papua. Tari ini menggambarkan eratnya persaudaran. Jadi tamu yang disambut sudah dianggap seperti saudara sendiri. Tidak ada lagi perbedaan dengan kami, tuan rumah,” tuturnya.
Dia menambahkan, kata Mambri berasal dari bahasa Biak. “Mambri itu basa suku Biak yang artinya hebat atau perkasa. Itu sesuai dengan gerakan para penari yang sangat energik,” terangnya. (mba