Menteri BUMN dan Menag Resmikan RS Darurat Covid 19 di Asrama Haji Bandarlampung

BANDAR LAMPUNG, beritaindonesianet- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir dan Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas resmikan Rumah Sakit Darurat khusus Covid-19 di Asrama Haji Bandar Lampung, pada Minggu (8/8).

Adapun dalam kegiatan ini, turut dihadiri oleh Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, Dirut Pertamina, Nicke Widyawati, dan Dirut Pertamedika IHC, Fathema Djan Rahmat.

Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas mengatakan: Dengan kolaborasi dan komitmen solid yang dilakukan Pertamedika Indonesia Healthcare Corporation (IHC) bersama Kementerian BUMN dan Kementerian Agama serta dukungan dari Gubernur Lampung dalam pengalihan fungsi Asrama Haji menjadi RS rujukan Covid-19. “Ini bukti pemerintah merespons cepat masyarakat di Lampung. Pandemi belum berakhir, sehingga melalui Menteri BUMN dan Menteri Agama memberikan inisiatif untuk mencukupi kebutuhan fasilitas kesehatan di Lampung,” kata Yaqut saat peresmian RS darurat Covid-19 di Asrama Haji Bandarlampung.

Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengatakan: Diharapkan dengan semakin banyaknya fasilitas kesehatan, angka kematian akibat Covid-19 bisa ditekan. “Dengan semakin banyak fasilitas dan program penanganan pasien covid-19 bergejala sedang hingga kritis, kasus kematian karena pandemi yang masih tinggi bisa ditekan seminimal mungkin,” kata Erick Thohir, pada Minggu 8 Agustus 2021.

Lebih lanjut, Direktur Utama PT Pertamina, Nike Widyawati mengatakan: Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Lampung mulai beroperasi pada hari Selasa10 Agustus 2021. Rumah Sakit yang ditempatkan di Gedung Multazam ini merupakan ektensi Asrama Haji Lampung dari Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin. “RS ini memiliki fasilitas laboratorium, instalasi farmasi, hingga command room yang bisa memantau kondisi pasien 24 jam,” kata Nike.

Dalam hal ini, Direktur Utama Pertamedika IHC, Fathema Djan Rachmat menyampaikan, fasilitas kesehatan yang telah disediakan diharapkan mampu membantu masyarakat Lampung untuk menekan angka kasus Covid-19.

“RS Bintang Amin di Lampung ini, terealisasi berkat dukungan penuh dari Kementerian BUMN, Kementerian Agama, dan PT Pertamina. Kami bergerak cepat menyiapkan Rumah Sakit dengan mengalih fungsikan bangunan Asrama Haji menjadi rumah sakit khusus Covid-19 yang dilengkapi dengan alat serta fasilitas yang mampu menangani pasien covid-19 dari yang bergejala sedang hingga kritikal,” jelasnya. (Ilham)