Jembatan Gantung Putus, 5 Kampung di Lamteng Terisolasi

BANDAR LAMPUNG, beritaindonesianet- Akibat jembatan gantung putus diterjang banjir beberapa tahun lalu, lima kampung di Kecamatan Selagai Lingga, Lampung tengah terisolasi, Senin (2/8).

Adapun jembatan gantung yang memang sudah tua tersebut merupakan satu-satunya akses jalan penghubung bagi lima kampung, yakni Negerikampung, Lingga Pura, Pekandangan, Margajaya, dan Gedungaji.

Akibat putusnya jembatan gantung tersebut, banyak warga yang terpaksa menggunakan rakit dari bambu dan mengeluarkan biaya yang lumayan mahal untuk menuju kecamatan Selagai Lingga yang merupakan central usaha warga setempat.

“Sekarang ini pilihannya mau putar balik atau nyebrang pakai rakit. Walaupun memakan waktu cukup lama dan ongkosnya mahal, tapi cuma itu caranya biar bisa keluar dari kampung,” kata salah satu warga, pada Minggu 1 Agustus 2021.

Kepala Kampung Negerijaya, Sutoyo mengatakan pihak pemerintah kampung sudah melakukan banyak upaya, tapi tetap saja dirasa belum memberikan hasil yang cukup optimal. “Beberapa upaya sudah kami lakukan tapi tetap hasilnya nihil,” kata Sutoyo.

Menurutnya, terdapat dua titik akses jalan alternatif, tetapi warga enggan melaluinya dikarenakan jalan tersebut terbilang ekstrem dan sudah memakan korban yang jatuh di kedua jalan tersebut. “Ada jalan alternatif, tapi sudah memakan korban jadi warga takut mau lewat sana,” ugkapnya. (Ilham)