DP3AKKB Banten Latih Pemanfaatan Media Online untuk Kembangkan Usaha

SERANG, beritaindonesianet-Puluhan perempuan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Serang, Banten mengikuti Bimtek Pemanfaatan Media Online Industri Rumahan. Pelatihan ini diharapkan bisa menjadi solusi yang tepat dalam memperluas jangkauan bisnis sehingga nantinya bisa meningkatkan penghasilan.

“Saya berharap bimtek pemanfaatan media online bagi pelaku industri rumahan ini bisa membantu dalam memperluas pemasaran sehingga nantinya bisa meningkatkan penghasilan para pelaku usaha,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) Provinsi Banten Siti Ma’ani Nina dalam sambutannya kepada peserta di aula Gedung Dharma Wanita Provinsi Banten, Rabu (18/4).

 

Menurut Nina, industri rumahan merupakan salah satu tulang punggung dari perekonomian  yang pertumbuhannya harus terus didukung oleh banyak pihak, termasuk pemerintah dan lembaga swasta. “Karena itulah, kami sering melakukan pembinaan kepada para pelaku industri rumahan ini,” kata Nina.

 

Meskipun demikian, Nina mengakui masih banyaknya kendala yang terjadi dalam upaya pembinaan ini. “Sampai saat ini, masih banyak pelaku usaha yang enggan mengenal teknologi internet untuk mengembangkan usahanya. Padahal pemanfaatan teknologi, informasi, dan jarigan internet semakin mudah dijangkau dan digunakan, bahkan untuk orang awam sekalipun,” ujarnya.

 

Nina berharap para pelaku usaha bisa menghilangkan sifat malas ini. “Apalagi dengan meningkatkanya minat masyarakat terhadap suatu produk dan semakin banyaknya pesaing di bidang usaha serupa, maka mutlak diperlukan cara yang lebih efisien dan efektif dalam memasarkan suatu produk.”
Menurut Nina, keterbatasan sumber daya yang dimiliki oleh industri-industri rumahan yang berakibat susahnya berkembang industri ini, terutama dalam pemasaran produk seharusnya menjadi pemicu bagi para pelaku usaha untuk bisa menjawab tantangan ini.

 

“Pemanfaatan teknologi internet sebagai media untuk memperluas pasar serta untuk meningkatkan keunggulan bersaing merupakan solusi yang menarik,” kata Nina.

 

Apalagi pada era globalisasi saat ini teknologi internet banyak dimanfaatkan para pengusa kecil. “Pemanfaatan internet saat ini telah berevolusi menjadi sarana informasi dan komunikasi global dalam dunia bisnis,” ungkap Nina.

 

Salah satunya adalah adalah sebagai advertising tool yang berfungsi untuk mempromosikan produk atau beriklan melalui internet, kata Nina “Selain sebagai media promosi, internet kini juga telah berkembang menjadi media untuk melakukan kegiatan jual beli, serta informasi suatu brand dari suatu produk.”

 

Nina berharap pemanfaatan media online saat ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi para pelaku usaha industri rumahan untuk mengembangkan bisnisnya. “Kita tidak bisa memungkiri, kehadiran internet sebagai sarana atau media online ternyata memberikan manfaat yang sangat besar bagi setiap aspek kehidupan, baik dalam bidang pendidikan, sarana informasi tanpa batas maupun dalam hal pengembangan usaha.”

 

Apalagi, saat ini akses internet sudah sangat mudah di dapat dan biayanya murah sehingga bisa menjadi solusi tepat dalam memperluas jangkauan bisnis. “Mudah-mudahan dengan menggunakan media online ini para pelaku industri rumah bisa banyak mendapatkan sumber informasi yang tersedia, dan bisa memberikan dukungan tersendir bagi pengembangan bisnis pelaku industri rumahan. Dengan modal informasi yang ada pada media online, setidaknya bisa menciptakan ide-ide baru yang tentunya bermanfaat bagi kemajuan usaha ibu-ibu semua.”

 

Sementara salah seorang praktisi yang dihadirkan, Henny Murniati mengungkapkan keprihatinannya terhadap minimnya pengetahuan para perempuan pelaku industri rumahan ini terhadap media online. “Meskipun ada yang sering mempergunakan media sosial, mereka baru menggunakannya sebatas hiburan.”

 

Karena itu, Henny berharap bimtek yang diadakan DP3AKKB Provinsi Banten bisa bermanfaat bagi para pelaku industri rumahan. “Mudah-mudahan bimtek ini membuka wawasan mereka tentang prospek cerah yang bisa mereka dapatkan jika menggunakan media online dalam pengembangan bisnis mereka.” (hen)