Elemen Masyarakat Banten Gelar Aksi Seruan Melawan Hoax

Serang – Sejumlah elemen masyarakat dari berbagai organisasi profesi dan masyarakat melakukan orasi menolak dan melawan informasi bohong (hoax) di Alun-Alun Barat Kota Serang, Jum’at (9/3/2018).

organisasi yang mengikuti orasi diantaranya PWI Banten, LSM, GP Ansor, Banser, IJTI, SMSI, Hamas, Himagu, Genpi Banten, DMI Banten, Pd prssni, Prima Banten, LPM Banten serta organisasi lainnya di Banten.

Perwakilan PWI Provinsi Banten, Lesman Bangun dalam orasinya menyampaikan kepada masyarakat agar waspada terhadap pemberitaan hoax yang tersebar khusunya melalui media sosial.

“Kami dari PWI Banten mengajak masyarakat tolak berita hoax,” ujarnya.

Ia juga menghimbau agar masyarakat lebih memilah informasi berita agar berita yang nantinya disebar luaskan tidak menimbulkan perpecahan bangsa.

“Kalo kita mendapat berita ,jangan langsung kita share, kita harus cari tahu sumbernya. Seperti di media sosial sering ada berita isu, yang dapat menyebabkan keresahan di kalangan masyarakat, jadi kita harus bijak, jangan langsung percaya akan tetapi kita harus cek kebenarannya dulu,” imbaunya.

Hal senada disampaikan Sekertaris Dewan Masjid Indonesia, Deni Rusli untuk tidak langsung percaya berita di media sosial karena belum benar kepastiannya.

“Seperti kejadian sebelumnya,adanya isu terkait penganiayaan terhadap ulama.saya sempat merasa kenyamanan saya terganggu, padahal itu kan tidak benar,” tuturnya.

Menurutnya, berita terkait berita hoax bukan demi kepentingan politik, akan tetapi hanya sebatas membuat masyarakat resah.

“Saya berpesan kepada masyarakat agar bijak menanggapi isu, jangan langsung dishare, akan tetapi dicek dulu kebenarannya,” katanya.

Dalam orasi tersebut, semua organisasi sepakat untuk tolak berita hoax. (red/man)