Inggris akan Kerahkan Kapal Perang ke Laut China Selatan

Internasional – Inggris berencana mengerahkan kapal perang ke perairan sengketa di Laut China Selatan pada tahun depan dalam rangka latihan dengan dasar kebebasan berlayar.

“Kami berharap dapat mengerahkan kapal perang ke kawasan itu tahun depan,” ujar Menteri Pertahanan Inggris, Michael Fallon, sebagaimana dikutip Reuters.

Kondisi di Laut China Selatan sendiri hingga saat ini masih panas, terutama setelah Pengadilan Tetap Arbitrase menolak klaim China atas 90 persen perairan di kawasan tersebut.

China menolak keputusan pengadilan tersebut dan tetap mengkalim daerah yang juga diperebutkan oleh Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Vietnam itu.

Meski demikian, Fallon mengatakan bahwa negaranya tidak akan memedulikan reaksi China di perairan tersebut.

“Kami belum memutuskan lokasi persis pengerahan ini, tapi kami tidak akan mengkhawatirkan China ketika berlayar di LCS. Kami memiliki hak kebebasan berlayar dan kami akan berlatih,” ucapnya.

Sebelumnya, Amerika Serikat juga sudah mengambil langkah serupa. Mereka mengirimkan kapal perangnya ke Laut China atas nama kebebasan berlayar di perairan internasional.

Saat itu, AS juga menyampaikan kekhawatiran mereka atas pergerakan China yang sudah mengerahkan sistem pertahanan di pulau buatan mereka di daerah sengketa tersebut.

Di tengah memanasnya situasi ini, ASEAN pun menggencarkan perundingan mengenai sengketa ini dengan China. Pekan depan, Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, dijadwalkan bertemu dengan para menlu dari negara-negara ASEAN di Manila. (has/cnn)