Rusia Akan Bangun Reaktor Nuklir di Turki

Internasional – Rusia berencana untuk membangun reaktor nuklir pertama Turki. Reaktor Nuklir Akkuyu itu rencananya akan beroperasi pada 2023. Hal ini disampaikan Presiden Rusia, Vladimir Putin, Senin (13/11/2017), seperti diberitakan Reuters.

Rencana ini disampaikan Putin saat berdiri bersebelahan dengan Presiden Turki, Tayyip Erdogan. Putin menegaskan bahwa badan nuklir Rusia akan mulai bekerja di Akkuyu dalam waktu dekat.

Hal ini disampaikan setelah keduanya melakukan pertemuan di sebuah resort di Sochi, Laut Hitam. Ini adalah pertemuan keempat antara kedua pimpinan tahun ini.

Pertemuan-pertemuan ini merupakan bagian dari menghangatkan lagi hubungan kedua negara. Hubungan keduanya sempat menegang setelah pesawat Rusia turun dan beroperasi dari sebuah pangkalan udara di Suriah pada 2015.

Dalam pertemuan ini, kedua negara juga sepakat soal solusi politik mengenai masalah yang membeli Suriah.

Dalam konferensi pers setelah pertemuan dilakukan, Erdogan menyampaikan kelegaannya bisa kembali mengirimkan hasil pertanian ke Rusia.

Pihaknya juga menginginkan dicabutnya pembatasan perdagangan bilateral yang sempat diterapkan sebelumnya, demikian dilaporkan Euro News(cnn/reu/en)