Peringatan Hari Nelayan Nasional di Kabupaten Tangerang Diwarnai Karnaval Perahu

KRONJO, beritaindondonesianet-Ratusan nelayan dan keluarganya yang tergabung dalam Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) meramaikan pesta laut dan karnaval perahu di perairan Kronjo, Kabupaten Tangerang, Banten (30/07).
Ketua DPC HSNI Kabupaten Tangerang H. Abudin mengungkapkan kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka peringatan Hari Nelayan Nasional yang diadakan di tingkat Kabupaten Tangerang. “Kegiatan hari ini memperingati Hari Nelayan Nasional. Pada kegiatan hari ini kami gembira karena didukung oleh TNI Polri.”
H. Abudin berharap dengan adanya kegiatan tersebut maka silaturahmi antar pengurus dan anggota HSNI bisa terjalin lebih baik lagi. “Kami ingin mempererat silaturahmi,” katanya.
Sementara dengan adanya keterlibatan TNI Polri, H. Abudin mengaku tidak hanya memberikan rasa aman dan nyaman saja, tetapi juga bisa menambah wawasan pengurus dan anggotanya tentang hukum. “Kami ingin menambah wawasan tentang hukum,” kataya usai karnaval kapal.
Sementara Kapolres Kabupaten Tangerang Kombes Pol Sigit Dany Setiyono’ mengaku bersyukur pada peringatan Hari Nelayan Nasional 2023, polri ikut dilibatkan. “Alhamdulillah, pada pagi hari ini, Kami dari Porestas Tangerang dan HSNI Kabupaten Tangerang dan seluruh masyarakat nelayan Kabupaten Tangerang melakukan Tasyakuran Hari Nelayan Nasional 2023. Bersama dengan 450 nelayan melaksanakan kegiatan olahraga bersama, dan juga tasyakuran diakhiri dengan karnaval perahu sampai dua mil kea rah laut.”
Sigit berharap kegiatan tersebut bisa memotivasi nelayan agar bisa bertambah produksi dan juga berwawasan dalam bekerja. “Mudah-mudahan harapannya, kegiatan ini dapat memberikan suntikan motivasi dan semangat untuk seluruh nelayan agar bertambah produktif dan juga meningkatkan aspek-aspek keamanan dan keselamatan dalam bekerja melaut.”
Sigit juga berterimakasih atas kontribusi nelayan dalam pembangunan Kabupaten Tangerang. “Kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh nelayan yang karena dengan kerja kerasnya telah memberikan dukungan terhadap kemajuan daerah, termasuk juga Kesehatan, gizi, dan kami berharap semuanya dapat maju bersama dengan nelayan Indonesia, sesuai harapan Bapak Presiden Republik Indonesia.”
Menurut Sigit, dalam kegiatan tersebut, Polri juga ikut memberikan pengamanan dan edukasi. “Tentunya, kegiatan ini kepolisian turun untuk melakukan pengamanan, edukasi, dan sosialisasi bagaimanan meningkatkan aspek safety dalam meningkatkan kegiatan di laut,” katanya,
Sementara Siti, salah satu peserta karnaval mengaku bersyukur suaminya dan para nelayan lainnya masih bisa bekerja dari hasil tangkapan laut. “Alhamdulillah hasil tangkapan laut masih cukup untuk kehidupan sehari-hari dan dijual. Makanya dengan adanya kegiatan ini, kami mengucapkan syukur kepada Allah,” katanya. (hen)