Takes Positif Covid 19, Belasan Takes Puskesmas Talangpadang dan Pustu Talangsepuh Dirapid Tes

TANGGAMUS, beritaindonesianet- Terdapat penambahan 1 (satu) kasus konfirmasi: Positif Covid-19 di Kabupaten Tanggamus yang merupakan Pekerja Kesehatan. Jumat (23/10).

Seminggu sebelumnya pasien melakukan perjalanan ke Bandarlampung. Pada Tanggal 20 Oktober 2020 pasien memiliki keluhan datang ke Puskesmas Talangpadang untuk berkonsultasi, pasien mengeluhkan badannya demam disertai dengan anosmia (penciuman menurun) namun tidak disertai batuk atau pilek.

Sementara Oleh Puskesmas Talangpadang dilakukan tindakan berupa Rapid Tes (RDT), dengan hasil RDT Non-Reaktif. Kemudian kepada pasien disarankan untuk dirujuk ke Dokter Spesialis THT (Telinga Hidung dan Tenggorokan), untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan,”ujar dr.Eka selaku juru bicara penanganan covid-19.

Tanggal 22 Oktober 2020, dengan surat rujukan dari Puskesmas Talangpadang ke Dokter THT, karena adanya keluhan anosmia, terhadap pasien disarankan untuk dilakukan swab / PCR oleh Dokter THT, dan pada hari yang sama dari pemeriksaan RT-PCR didapatkan hasil SARS CoV2 Positif.

Tanggal 23 Oktober 2020, Atas dasar hasil pemeriksaan RT-PCR dengan SARS CoV2 Positif dan keluhan pasien berupa anosmia disertai pusing. Terhadap pasien dilakukan isolasi ke Rumah Sakit Bathin Mangunang Kotaagung, untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut sesuai dengan tata laksana kasus Covid-19,” ujar dr Eka.

Atas kondisi tersebut, maka perkembangan Pemantauan Covid 19 Kabupaten Tanggamus sampai dengan hari ini, adalah sebagai berikut ,

1.WARGA DI PANTAU / PELAKU PERJALANAN
:17.805

2. SUSPEK : 0

PROBABLE : 0

KONFIRMASI : 54

SELESAI ISOLASI : 36

DIRAWAT : 16

KEMATIAN KONFIRMASI : 2

Adapun langkah-langkah tindak lanjut yang akan dilakukan, yaitu, Melakukan tracing terhadap kontak erat pasien, sebanyak 12 orang dan Rapid Tes terhadap seluruh Petugas Puskesmas Talangpadang dan Pukesmas Pembantu Talangsepuh.

Selanjutnya, Melakukan disinfektan dilingkungan Pasien, yakni di Puskesmas Pembantu (Pustu) Talangsepuh dan di Puskesmas Talangpadang. Menutup sementara Pustu Talangsepuh, dan sementara pelayanan kesehatan dialihkan ke Puskesmas Talangpadang.

Terus melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Dengan menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak minimal 1 meter dan menghindari kerumunan.

Selanjutnya kepada masyarakat kembali kami menghimbau, untuk melaksanakan protokol kesehatan yang ketat / disiplin, sebagai upaya yang bisa kita lakukan secara bersama-sama untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. Jika kita bisa melaksanakan protokol kesehatan ini, maka kita bisa menjadi aman, dan terlindung dari kemungkinan tertularnya virus Corona. Kita pasti bisa melakukan ini.

Selain itu, mari kita dukung tetangga kita yang terpapar Covid-19, beri support / dukungan kepada mereka agar sabar dan kuat. Karena siapapun dari kita bisa saja terkena atau terpapar Covid-19. Jangan sebaliknya menyebarkan informasi yang menyudutkan atau diskriminatif (baik secara langsung maupun melalui media sosial). Karena informasi yang tidak benar atau menyudutkan, justru akan menimbulkan suasana yang tidak mendukung psikologis orang yang terpapar Covid-19.

Nama : Pasien 054 (SY)
Usia : 47 Tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Alamat : Kecamatan Talangpadang, Kabupaten Tanggamus.
Pekerjaan : ASN/Tenaga Kesehatan (*)