Asian Games 2018, Ini Rute Kirab Obor di Banten

Serang – Pada tanggal 9-10 Agustus 2018 mendatang, Obor Asian Games 2018 akan singgah di tiga daerah di Provinsi Banten. Berbagai persiapan dilakukan untuk kirab obor di Kota Cilegon, Kabupaten Serang dan Kota Serang.

Sekretaris Dispora Banten, Ai Dewi Suzana, mengatakan, Banten akan terlintasi api obor Asian Games 2018 pada 9-10 Agustus 2018 dan akan singgah di tanah jawara melalui Pelabuhan Merak dan berakhir di Museum Banten.

“Setibanya di Pelabuhan Merak, Api Obor Asian Games 2018 akan di diarak menuju kota Cilegon dengan disambut Plt Wali Kota Cilegon Edi Aryadi.  Selanjutnya api obor akan dibawa ke perbatasan Cilegon dan Serang. Di situ akan disambut Bupati Serang dilanjutkan menuju objek wisat Tasikardi,” ujar Ai Dewi kepada wartawan, Rabu (25/7/2018).

Selanjutnya, api obor akan singgah di Masjid Banten Lama yang menjadi icon Provinsi Banten. Obor kemudian  dibawa ke Stadion Maulana Yusuf, Kota Serang dan dilanjutkan dengan pawai jalan kaki menuju Museum Banten.

“Nantinya Pak Gubernur (Wahidin Halim) yang akan menyambut api obor di Museum Banten, kesenian dan kebudayaan Banten pun akan dipertunjukan,” ucapnya.

Selama arak-arakan obor Asian Games, INASGOC telah menunjuk artis ibu kota dan mantan atlet untuk mendampingi. Diharapkan, masyarakat Banten ikut memeriahkan pawai obor Asian Games tersebut dengan menonton langsung.

“Api Obor Asian Games selanjutnya akan dibawa ke Purwakarta, Jawa Barat untuk diarak pada tanggal 10 Agustus,” katanya.

Sementara Ketua Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Banten Rumiah Kartoredjo menambahkan, pihaknya telah menyiapkan 20 atlet berprestasi Banten, yang akan ditugaskan untuk membawa api obor saat melintasi Banten.

“Kami diminta 20 atlet berprestasi oleh INASGOC yang nanti ditugaskan untuk membawa api obor Asian Games selama diarak kelling di Banten,” katanya. (red)