Jemaah Umroh Asal Indonesia Alami Kecelakaan di Madinah, Tiga Tewas

Internasional – Tiga jemaah umrah asal Indonesia dilaporkan tewas akibat kecelakaan kendaraan di kilometer 150 jalan Madinah-Jeddah pada Minggu (18/6/2018) lalu.

“Pada hari Minggu, tanggal 18 Juni 2018 sekitar pukul 12.00 waktu Madinah, terjadi kecelakaan di perjalanan di km 150 jalan Madinah Jeddah yang menewaskan tiga orang jemaah Umroh sekaligus dan mengakibatkan empat orang luka berat dan ringan,” ujar Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel.

Dalam pernyataan resminya, Selasa (19/6), Agus menjelaskan bahwa kecelakaan itu dialami oleh keluarga Azwar dari Jakarta yang menjalankan ibadah Umrah sejak 5 Juni lalu.

Agus menyatakan ada tujuh orang dari keluarga tersebut yang menjalankan ibadah Umrah. Tiga di antaranya tewas, sementara empat lainnya mengalami luka-luka akibat kecelakaan tersebut.

Menurut keterangan dari korban selamat, kecelakaan tersebut bermula ketika mereka menumpang satu travel dengan satu sopir dan dua petugas.

Mobil Toyota Hi Ace berisi 10 orang itu mengalami pecah ban belakang bersamaan dengan badai pasir. Mobil itu pun terguling beberapa kali.

Korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit King Fahd, Madinah, untuk ditindak lebih lanjut. Agus melawat ke rumah sakit tersebut untuk memberikan dukungan.

Selain itu, Agus juga berjanji akan mengerahkan segala kemampuan untuk membantu pengurusan jenazah dan memberikan pendampingan bagi yang terluka hingga dapat pulang ke Indonesia.

Lebih jauh, Agus mengingatkan WNI yang sedang berada di Saudi untuk berhati-hati saat berkendara karena fenomena badai pasir sering terjadi. (has)