Mudik dan Lebaran 2018, 5.093 Personel Gabungan Siap Amankan Banten

Serang – Dalam rangka pengamanan mudik dan lebaran 2018 di Banten, sebanyak 5.093 personel gabungan dari Polri, TNI, hingga Satpol PP akan diturunkan. Kepolisian bersama tim gabungan akan turun mengamankan mudik mulai 7 Juni hingga 24 Juni 2018.

Kapolda Banten Brigjen Listyo Sigit Prabowo mengatakan fokus pengamanan mudik akan dilakukan di Pelabuhan Merak. Ada beberapa rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan, khususnya untuk kendaraan roda dua.

“Kita lakukan rekayasa, yaitu sepeda motor Roda dua nanti akan kita arahkan masuk ke Dermaga VI. Nanti kita bagi ke dermaga lain sehingga tidak ada cross roda 4 dan 2,” ujar Listyo kepada wartawan.

Ketika terjadi kemacetan, menurutnya, roda dua akan disebar ke Dermaga I,II, III, IV, dan V.

“Jadi bagaimana loading kapal keluar-masuk bisa jalan kurang dari 1 jam. Antrean-antrean di dermaga tidak panjang. Manajemen di dermaga penting itu yang mempengaruhi buntunya (kepadatan) sampai mana,” pungkasnya.

Selain menggelar Operasi Ketupat Kalimaya, polisi juga mengarahkan Satgas Pangan untuk menjaga stabilitas harga di wilayah Banten. Operasi pasar sudah dilakukan di berbagai daerah, termasuk membuat pasar murah di seluruh Banten bekerja sama dengan Bulog. (man)