Habibie Buka Bersama Anwar Ibrahim di Kediamannya

Internasional – Politikus dan pejuang reformasi Malaysia, Anwar Ibrahim, berbuka puasa bersama BJ Habibie di kediaman mantan Presiden Indonesia tersebut di Jakarta, Minggu (20/5).

Momen itu diketahui dari unggahan foto Anwar di akun Instagram miliknya. Mengenakan batik, ia duduk bersebelahan dengan Habibie di meja makan.

Selain Anwar, terlihat juga beberapa rekan keduanya di meja tersebut. Tak hanya menyantap makan malamnya, mereka juga terlihat seru berbincang.

“Selamat berbuka puasa. Daripada makanan Penjara ke hidangan Indonesia yang enak dari BJ Habibie dan teman-teman di Jakarta. Alhamdulillah,” tulis Anwar di keterangan unggahannya.

Hal itu juga dikonfirmasi oleh naradamping Anwar Ibrahim selama di Indonesia, Fathurrahman Mahfudz.

“[Anwar] makan di rumah Pak Habibie, ke rumah Wapres, ke PB NU, baru [menghadiri] pertemuan di hotel,” ujar Fathurrahman .

Setelah berbuka bersama Habibie, Anwar langsung menuju sebuah hotel untuk menghadiri pertemuan dengan para pengurus Forum Kerjasama Usahawan Serantau (FOKUS).

Habibie dan Anwar memang dikenal sangat dekat. Keduanya pun sesekali saling mengunjungi sebagai bagian dari lawatan pribadi, bukan pekerjaan.

Dalam acara Mata Najwa pada 2014 silam, Anwar bahkan hadir ke Jakarta sebagai kejutan untuk Habibie.

“Saya anggap keluarga [Habibie]. Pasca saya dioperasi dan keluar dari penjara, Ainun dan Habibie yang jaga kami,” ujarnya dalam rekaman acara televisi tersebut.

Pada 2004, Anwar sempat menjalani operasi di Muchen, Jerman. Saat itu, Habibie dan istrinyalah yang ikut menemani Anwar hingga pulih.

“Saya bertanya kepada Habibie di Munchen, apa yang mendorong dia membebaskan tahanan politik. Saat itu dia spontan jawab, ‘Ini soal nurani. Akhirnya saya yang akan bertanggung jawab ke Allah.’ Itu bukan jawaban politisi. Itu concern,” kata Anwar.

Setelah ia dibebaskan sebagai pemenuhan janji kampanye Perdana Menteri Mahathir Mohamad ketika menang pemilu pekan lalu, Anwar pun langsung menyambangi kerabat dekatnya tersebut.(cn)