Pemktot Serang akan Relokasi PKL di Kawasan Banten Lama

Serang – Pemerintah Kota Serang melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM segera merelokasi PKL di sekitar Banten Lama, masjid agung Banten.

“Jumlah PKL di Banten Lama sekitar 700 orang, sedangkan kios baru yang kami bangun hanya sekitar 500 kios. Kami akan segera pindah ke tempat baru,” kata Kepala Dinas Perdagangan, Industri, Koperasi dan UKM Kota Serang, Ahmad. Benbela, Sabtu (20/10/2018).

Ia mengatakan, PKL saat ini menempati sekitar Masjid Agung Banten Lama. Karena kawasan tersebut akan direvitalisasi dan harus steril dari pedagang kaki lima, dibuat lokasi baru yang tidak jauh dari tempat itu.

“Nanti di lokasi baru ini akan dibangun sekitar 1.000 kios. Sebanyak 500 kios dari Kota Serang dan 500 kios akan dibangun oleh provinsi,” kata dia dilansir akurat.co.

Keberadaan PKL di lokasi baru, kata dia, tidak akan mengganggu penataan kawasan, karena tempat itu adalah pedagang kaki lima dan tidak jauh dari tempat parkir kendaraan penumpang Banten Lama.

“Nanti semua yang datang ke Banten Lamasetelah turun dari kendaraan, pasti melewati kios-kios tersebut sehingga tidak ada alasan mereka tidak menempati lokasi itu atau pindah ke tempat sebelumnya,” kata Benbela.

Ia berharap, Pemprov Banten bisa segera merealisasikan pembangunan 500 kios pada 2018 sehingga tahun depan semua PKL di Banten Lama yang saat ini berjumlah sekitar 700 orang telah menempati lokasi baru.

Dia mengatakan bahwa dengan pengaturan Banten Lama, yang akan seperti pengelolaan di Borobudur, akan berdampak positif pada perbaikan ekonomi masyarakat setempat dan dapat memberikan kontribusi terhadap pendapatan asli daerah.

“Kalau saja nantinya para pedagang ini diminta kontribusi Rp1.000 per hari, berarti pemasukan buat daerah rata-rata Rp700.000 setiap hari. Belum buat masyarakat sekitar dan dari sektor lainnya,” kata Benbela.

Ia mengatakan, kunjungan wisatawan ke lokasi ziarah setiap hari tidak pernah sepi, apalagi jika liburan wisatawan berkunjung membeludak.

“Sebelum ada penataan ‘aja’ kita lihat cukup ramai, apalagi kalau tempatnya sudah nyaman dan bersih, orang akan semakin tertarik,” katanya.

Banten Lama adalah situs yang merupakan sisa kemuliaan Kerajaan Islam Banten, Kerajaan Banten adalah salah satu kerajaan Islam yang pernah berdiri di Tanah Pasundan, Provinsi Banten. (fh/ant)