Bupati Serang Peringati HKN, Pembangunan Kesehatan Masyarakat Sangat Penting

Serang – Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 53. TEMA : SEHAT KELUARGAKU -SEHAT INDONESIAKU. Pemerintahan Kabupaten Serang melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Serang melaksanakan Apel pagi di halaman Kantor Bupati Serang, Senin (13/11/2017).

Bupati Serang Hj. Ratu Tatu Chasanah dalam sambutannya yang di bacakan Sekda Agus Erwana mengatakan

Bahwa rangkaian kegiatan HKN ke 53 di Kabupaten Serang diawali dengan senam bersama di lapangan pendopo Kabupaten Serang pada hari jumat tgl 10 Nopember 2017 yang pada kesempatan itu dr. Sri Nurhayati kepala dinas kesehatan kabupaten serang menyampaikan bahwa, pada hari kesehatan nasional ke-53 saat ini, tema yang diangkat adalah ‘’sehat keluargaku sehat indonesiaku’’. Tema tersebut sejalan dengan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga dimana keluarga menjadi awal untuk mendorong peran pemberdayaan masyarakat yang mandiri untuk membangun hidup sehat.

Menurut Bupati Serang Peran Pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan kesehatan sangat penting.

“Dari hasil kajian,perilaku masyarakat merupakan faktor penyebab utama terjadinya permasalahan kesehatan. oleh sebab itu diharapkan masyarakat berperan serta secara mandiri dapat menyelesaikan masalah kesehatan tersebut, yang tentunya dengan pendampingan dan bimbingan tenaga kesehatan,” ungkapnya.

Dalam mengatasi permasalahan kesehatan yang semakin kompleks di masyarakat, masyarakat mempunyai potensi yang cukup besar untuk dapat dimobilisasi dalam upaya pencegahan masalah kesehatan di wilayahnya.

“kita tahu bahwa komponen terpenting dalam pencegahan penyakit selain dipengaruhi kualitas lingkungan serta sarana dan prasarana pelayanan kesehatan adalah perilaku. keluarga memiliki dampak yang besar dalam pembentukan perilaku individu,” ungkapnya.

“keluarga merupakan pengalaman pertama bagi anak-anak. pendidikan di lingkungan keluarga dapat menjamin kehidupan emosional anak untuk tumbuh dan berkembang. untuk itu kita perlu terus berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat khususnya di lingkungan keluarga,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Program lain yang didorong adalah gerakan masyarakat hidup sehat.
.
kita mengajak kerjasama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk masyarakat kabupaten serang yang kuat,” lanjutnya.

“Dengan mendorong program indonesia sehat pendekatan keluarga dan gerakan masyarakat sehat , kita berupaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya promotif dan reventif yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya ,sehingga tercipta masyarakat yang produktif yang dapat berperan aktif dalam pembangunan di kabupaten serang tercinta,” tambahnya.

di akhir sambutannya, pada upacara apel Hari Kesehatan Nasional Bupati Serang meminta sama sama mengsukseskan Program Indonesia Sehat dengan melakukan pendekatan pada keluarga.

“Mulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga. Indonesia dan kabupaten serang sehat dapat diwujudkan melalui keluarga-keluarga yang sehat, sehingga membentuk masyarakat sehat,”tuturnya.

Tatu juga mengajak masyarakat untuk berprilaku hidup bersih dan sehat, selalu mengonsumsi makanan yang sehat secara treratur, sayur dan buah serta senatiasa berolah raga atau melakukan aktifitas fisik, melalukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, tidak merokok dan menciptakan lingkungan yang bersih. “upaya kita mewujudkan masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat melalaui pendekatan keluarga dan gerakan masyarakat hidup sehat.

Pada kesempatan itu juga, selesai upacara Sekda dan kadis kesehatan memberikan reward kesehatan kepada OPD dan Penggiat kesehatan dari beberapa elemen, seperti puskesmas, posyandu tokoh masyarakat, serta organisasi yg aktif di bidang kesehatan . ( Odeh )