Ke Banten, Presiden Jokowi Gunakan Kereta Bogor-Rangkas

Serang – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan melakukan kunjungan kerja selama dua hari ke wilayah Banten (4-5 Oktober 2017). Kunjungan tersebut diagendakan untuk memonitoring perkembangan pembangunan waduk Karian dan menghadiri sejumlah agenda Pemerintah Provinsi Banten dan Pemerintah Daerah (Pemda) seperti ke Pandeglang dan Menghadiri Peryataan HUT TNI ke-72 di Dermaga Indah Kiat, Kota Cilegon.

Berbeda dengan kunjungan di sejumlah daerah di Indonesia, alat transportasi yang akan ditumpangi orang nomor satu di Indonesia tersebut adalah kereta api. Kedatangan Jokowi juga bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Banten ke 17.

“Hasil rapat kemarin, Pak Presiden 2 hari di Banten, dari tanggal 4 dan juga tanggal 5. Menggunakan Kereta Api (KA) memang menjadi gaya tersendiri dari Pak Presiden. Yang pasti Pak Presiden akan berkunjung ke Pandeglang, akan berkunjung ke waduk karian dan HUT TNI di Cilegon,” ujar Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, kemarin.

Dikabarkan, Jokowi berangkat dari Stasiun Bogor menuju Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten. Diperkirakan Jokowi tiba di Stasiun Rangkasbitung pukul 10.30 WIB dan langsung menuju Bendungan Karian di Kelurahan Pasir Tanjung, Rangkasbitung. Selanjutnya Presiden akan menghadiri acara silaturahmi Kepala Desa se-Banten di Kampung Baru Pakojan, Desa Muruy, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang. Selain itu, Jokowi juga kan meninjau lokasi penanaman Jagung di Kampung Sukajadi Kadomas, Desa Muruy, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang dan membagikan sertifikat tanah untuk rakyat secara simbolis di Lapangan Futsal Kadomas.

Sementara berbarengan dengan agenda HUT Banten, Andika menjelaskan akan menyesuaikan dengan agenda Presiden. Itu dilakukan agar tidak berbenturan dengan agenda yang sudah disusun oleh pihak istana.

“Untuk HUT Banten ini Alhamdulillah kita juga mempersiapkan bersamaan dengan kedatangan Presiden Republik Indonesia, kami mempersiapkan bagaimana rangkaian HUT ini berjalan dengan baik khusunya paripurna karena berbenturan dengan kedatangan Presiden,” tuturnya.

Memastikan keamanan orang nomor satu di Indonesia itu, Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo meninjau stasiun Rangkasbitung pada Selasa (3/10). Sigit mengatakan, sejauh ini keadaan Stasiun dan jalur lainnya yang akan dilewati RI 1 dalam keadaan cukup bagus dan aman. Namun untuk lebih memaksimalkan jajaran TNI – Polri akan melakukan Gladi.

“Kita lihat situasi sejauh ini aman terkendali dan cukup bagus untuk dilalui RI 1,”kata Sigit kepada wartawan di Stasiun Rangkasbitung. (man)