Berita AktualBerita Daerah

Arus Mudik Balik Diprediksi Tingkatkan Urbanisasi Cilegon

Cilegon  – Jumlah warga Kota Cilegon pasca arus mudik dan arus balik tahun 2016 ini diprediksi akan meningkat. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau DKCS Kota Cilegon, Soleh memperkirakan adanya penambahan satu persen urbanisasi di Kota Baja ini.

“Jika mengingat jumlah warga Kota Cilegon yang sudah mencapai 400 ribu lebih, penambahan jumlah pendatang berarti mencapai 2 ribu orang,” ujar Soleh, kemarin.

Menurut Soleh, penambahan ini karena adanya keinginan warga untuk mengajak anggota keluarga, teman, atau pun pembantu rumah tangga untuk bekerja di Kota Cilegon. “Jumlah ini meningkat 100 persen dibandingkan hari-hari biasa yang hanya mencapai seribu orang,” tambahnya.

Soleh mengungkapkan pertambahan  jumlah penduduk di Kota Cilegon memang cukup tinggi dibandingkan daerah lain. Hal ini tak lepas dari banyaknya perusahaan yang selalu memerlukan karyawan baru untuk penyegaran.

“Kami tidak bisa membuat larangan terhadap tingginya penambahan jumlah penduduk ini. Tapi bagi para pendatang untuk tidak lupa membawa kartu tanda penduduk dan kartu keluarga asli sehingga saat hendak diurus di DKCS Kota Cilegon tidak mengalami kesulitan,” tandasnya. (Henny)