Teror Bom Bangkok, 23 Negara Terapkan Travel Advisory ke Thailand

Serang,Beritaindonesianet.com – Pasca ledakan bom Bangkok di dekat Kuil Erawan dan di Sungai Chao Praya, 23 negara mengeluarkan Travel Advisory saat bepergian ke Thailand. Peringatan untuk lebih berhati-hati saat berada di Negeri Gajah Putih itu diumumkan pada Selasa 18 Agustus 2015 waktu setempat.

“12 negara mengeluarkan peringatan ‘Level 2’ dalam Travel Advisory, mendesak warga agar ekstra hati-hati selama perjalanan. Kedua belas di antaranya Austria, Belgia, Denmark, Perancis, Jepang, Malaysia, Singapura, Korea Selata. Swedia, Swis, Taiwan dan Amerika Serikat,” kata Kementerian Luar Negeri Thailand seperti dikutip dari Bangkok Post, Rabu (19/8/2015)

Sementara 9 lainnya merekomendasikan tingkat yang lebih tinggi dari ‘hati-hati’ atau peringatan ‘Level 3’. Peraturan itu diterapkan oleh negara Australia, Kanada, China, Jerman, Italia, Irlandia, Selandia Baru, Rusia dan Inggris.

Hanya Hong Kong yang menyarankan orang untuk hanya menghindari perjalanan tidak penting ke Thailand, dengan peringatan ‘Level 4’.

Belanda adalah satu-satunya negara yang menginstruksikan warganya untuk ‘waspada’. Mereka menerapkan peringatan ‘Level 1’, yang berarti warga hanya harus menyadari situasi di sekitar mereka.

Sejauh ini tidak ada negara yang melarang untuk mengunjungi Thailand. Pun Indonesia yang 2 warganya menjadi korban ledakan bom di dekat Kuil Erawan.

Ledakan bom terjadi di pusat kota Bangkok, Thailand, Senin 17 Agustus 2015 malam.

Pemerintah Negeri Gajah Putih mengaku sudah punya petunjuk soal terduga pelaku teror. Terduga tersangka adalah seorang pria berbaju kuning yang terlihat di lokasi kejadian dan tertangkap kamera pengawas atau CCTV.

Polisi juga mencurigai seorang perempuan, yang diketahui meletakkan tas mencurigakan di dekat lokasi ledakan.

Sehari setelah teror di dekat Kuil Erawan, ledakan kembali terjadi di jantung Thailand. Seorang pria tak dikenal dilaporkan telah melempar bom berdaya ledak kecil dari jembatan di pusat Kota Bangkok. (Baca: Teror Kembali Melanda Bangkok, Bom Dilempar ke Sungai Chao Phraya). (iaf/liputan6.com)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"