Masyarakat Banten Boleh Tukar Uang Kartal di Bank Mulai 24 Juni

Serang, beritaindonesianet – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Banten menyiapkan 35 – 40 miliar uang kartal untuk penukaran menjelang Hari Raya Idul Fitri. Masyarakat bisa melakukan penukaran uang ini mulai 24 Juni 2015.

Kepala Kantor Perwakilan BI Banten Budiharto Setyawan menyebutkan layanan itu akan dibuka selama tiga hari per pekan mulai pukul 09.00 – 15.00 WIB. “Untuk pekan ini akan dilakukan mulai 24 Juni 2015, mulai Rabu sampai dengan Jumat,” ujar Budiharto.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Banten menyiapkan Rp35 miliar – 40 miliar untuk memenuhi kebutuhan uang kartal di provinsi ini selama bulan puasa sampai dengan Idulfitri tiba.

Akses penukaran uang sebetulnya tidak disediakan oleh BI sendiri melainkan dengan menggandeng kantor-kantor cabang bank serta bank perkreditan rakyat (BPR).
Sejalan dengan Undang-undang tentang Mata Uang, perbankan umum dan BPR harus lebih berperan untuk penukaran rupiah.

Dengan demikian ruang lingkup distribusi tidak hanya mencakup masyarakat di area perkotaan. Mereka yang lokasinya relatif terpelosok tetap dapat dijangkau dengan jaminan keaslian dan jumlah lembar uang. (hen/bisnis.com)