Gelar HUT TNI Ke-72 di Cilegon, Ini Alasan Panglima

Cilegon – Kedua kalinya, HUT TNI akan digelar di Pelabuhan Indah Kiat, Cilegon, Banten. Sebelumnya, pada 2015 HUT TNI ke-70 juga digelar di tempat yang sama.

Alasan TNI menggelar puncak perayaan HUT ke-72 adalah alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang dibeli dari uang rakyat hendak dilaporkan kepada rakyat dan presiden melalui parade pertunjukan alutsista.

“HUT saat ini adalah dilakukan di pantai Indah Kiat tujuannya adalah untuk melaporkan. Laporan kepada presiden, rakyat Indonesia, untuk sejauh mana alutsista yang dimiliki dan digunakan untuk apa nanti bisa kita saksikan,” kata Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo kepada wartawan di Kota Cilegon, Kamis (28/9/2017).

Persiapan pun sudah dilakukan. Mulai panggung utama hingga alutsista milik TNI AD, AU, dan AL sudah tampak di Pelabuhan Indah Kiat. Prajurit TNI yang ikut meramaikan acara puncak perayaan pun sudah menjalani latihan jauh-jauh hari sebelum hari-H yang jatuh pada 5 Oktober mendatang.

“HUT TNI sudah siap dan mulai tanggal 1-2 ini mulai geladi bersih, tempatnya di tempat ini,” kata Gatot.

Gatot melanjutkan, selain sebagai bentuk laporan kepada rakyat Indonesia dan presiden, karakteristik lokasi yang dijadikan perayaan HUT juga sesuai untuk demonstrasi dari tiga matra di tubuh TNI.

“Alasan di Banten, tempat yang bisa melaksanakan demonstrasi untuk darat, laut, dan udara atau tiga matra, tidak bisa digelar di tempat lain, kemudian dari segi keamanan dan lain sebagainya,” ujarnya.

Pada HUT TNI ke-72 ini, Gatot menyatakan ada sesuatu yang spesial dibandingkan perayaan pada 2015. Namun ia enggan menyebut apa sesuatu yang spesial itu.

“Lihat saja nanti, pasti beda. Ada (hal baru yang ditampilkan), lihat saja nanti. Kalau saya kasih bocoran sekarang, nanti nggak nonton,” tutupnya. (red/rvk)