Polda Banten Perketat Pengawasan “Pelabuhan Tikus”

Serang – Tim gabungan bea cukai Merak dan Polda Banten berhasil menggagalkan upaya penyelundupan barang-barang impor bernilai milyaran rupiah, dari sejumlah kontainer yang diangkut ke Pelabuhan Indah Kiat Pulp and Paper Merak Mas. Saat dibuka, ternyata ada delapan unit Motor Gede (Moge), ratusan unit laptop, dan ribuan gulung kain.

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Provinsi Banten, Hari Budi Wicaksono mengakui barang-barang yang diselundupkan ini memang berasal dari luar negeri.

“Saat ini, kami sudah menahan tersangka dan memintai keterangan seputar asal dan keberadaan barang,” ungkapnya, kemarin.

Sementara Kapolda Banten Brigadir Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengaku pihaknya akan meningkatkan pengawasan di daerah-daerah yang ada pelabuhan tikus yang berpotensi dijadikan sebagai lokasi penyelundupan.

“Kepada masyarakat yang melihat adanya hal-hal yang mencurigakan di kawasan pantai atau pelabuhan untuk bisa melaporkan ke pihak kepolisian,” kata Kapolda.

Saat ini, semua barang kontainer dan barang bukti penyelundupan diamankan petugas di tempat penimbunan sementara atau TPS pelabuhan Iindah Kiat Merak Mas. Tim gabungan bea cukai Merak dan Polda Banten juga saat ini masih menyelidiki puluhan kontainer lainnya yang dicurigai menyimpan barang selundupan. (Henny)