Berita AktualBerita DaerahBerita Politik

KPU dan Kapolda Banten Berharap Pilgub Banten Aman dan Damai

RILITS.COM, Serang – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Banten hari ini, Jum’at (28/10), menggelar Deklarasi Pilkada Banten Berintegritas dan Kampenye Damai di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Curug, Kota Serang.

Ketua KPUD Banten Agus Supriyatna berharap Pilgub Banten 2017 berjalan aman dan damai.

“Ada dua acara dalam kegiatan ini yakni penandatanganan Pilkada Berintegritas dan Pawai Taaruf Kampanye Damai. Kita ingin menunjukkan kepada masyarakat Banten, bahwa pilkada ini berjalan dengan damai dan ingin memperkenalkan peserta atau kontestasi kedua paslon,” kata Agus dalam sambutannya.

Sementara Kapolda Banten Kombes Pol Listyo Sigit Prabowo menegaskan kepada tim pemenangan agar menciptakan suasana pilkada yang damai.

“Dalam pilkada ini, semua pihak, khususnya tim pemenangan agar menciptakan suasana pilkada yang aman dan damai,” tegas Sigit

Turut hadir, Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten Wahidin Halim-Andika Hazrumy dan Rano Karno-Embay Mulya Syarif, Komisioner KPU Banten, Bawaslu Banten, Polda Banten, Plt Gubernur Banten, Kajati Banten, dan Danrem 064 Maulana Yusuf Banten, Pimpinan Parpol Pengusung dan tamu undangan lainnya.

Terpisah, sebelumnya Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengingatkan potensi kerawanan pada Pilkada Provinsi DKI dan Banten. Mendagri meminta pengawasan tahapan pilkada di kedua daerah itu harus lebih transparan.

“Banten merupakan daerah kerawanan Pilkada kategori tinggi. Kami minta peran KPU, Bawaslu dan pihak terkait mengawal tahapan Pilkada di daerah itu,” ujarnya di Jakarta, Rabu (26/10). (Man/Red)