Berita AktualBerita DaerahBerita Politik

Ini Plt Gubernur Banten Gantikan Rano Karno

Serang – Jabatan Gubernur Banten resmi diemban oleh Pelaksana Tugas (Plt) dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Zudan Arif Fukrullah, sejak Rabu 26 Oktober ini.

Zudan yang selama ini menjabat Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil harus menggantikan posisi Rano Karno yang saat ini sudah resmi sebagai calon Gubernur Banten periode 2017-2022.

Meskipun demikian, Rano yang sempat mengungkapkan masalah masa kerjanya usai pelantikan sebagai calon Gubernur Banten, di salah satu Hotel di Anyer, Selasa lalu (25/10).

“Saya masih berkerja, karena masa cuti mulai berlaku tanggal 28 Oktober,” kata Rano, kemarin.

Selain pelantikan pelaksana tugas Gubernur Banten, dalam pelantikan di Kemendagri, Rabu sore, Mendagri Cahyo Kumolo juga melantik Plt Gubernur DKI Jakarta.

Soni Sumarsono yang  selama ini bertugas sebagai Direktur Jenderal Otonomi Daerah dipercaya untuk mengisi kekosongan jabatan Gubernur DKI Jarkarta, selama Basuki Tjahja Purnama (Ahok) cuti karena mengikuti kampanye pemilihan Gubernur DKI.

Rencananya, paska  pelantikan kedua Plt Gubernur ini, Mendagri juga akan melantik Plt Gubernur Aceh, Gorontalo, dan Bangka Belitung, Kamis ini. Sementara Plt Sulawesi Barat dan Papua Barat baru akan dilantik bulan Januari mendatang. (Henny)