Kawasan Industri Belum Maksimal Serap Tenaga Kerja Lokal

Serang – Angka pengangguran di Kabupaten Serang masih tinggi dan bahkan mencapai 14,8 persen dari total jumlah penduduk. Padahal jumlah perusahaan di kabupaten ini mencapai ratusan.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengaku pihaknya akan mengevaluasi dan mendata kembali identitas para pekerja di wilayahnya, untuk memastikan berapa persen serapan perusahaan-perusahaan yang ada terhadap tenaga lokal. Apalagi mengingat tidak sedikit warga luar Kabupaten Serang yang menyerbu pendaftaran pembukaan lowongan kerja yang dibuka oleh perusahaan.

“Kami juga akan mengecek kembali surat perjanjian kerjasama pemda Kabupaten Serang tentang aturan serapan tenaga kerja lokal. Mudah-mudahan  ke depan setiap pembukaan lowongan kerja perusahaan bisa memberikan kuota hingga 50 persen kepada penduduk pribumi,” ujar tatu, kemarin.

Sementara Direktur Utama PT Modern Land, Tony Heri Waluyo mengaku pihaknya siap memberikan porsi yang besar kepada penduduk lokal.

“PT Modern Land siap untuk memberikan porsi besar kepada penduduk local, asalkan mereka meningkatkan kualitas dan kemampuan sesuai yang dibutuhkan perusahaan kami, kata Tony.

Permasalahan pengangguran memang menjadi pekerjaan rumah  bagi pemerintahan Kabupaten Serang. Apalagi mengingat tingkat pendidikan masyarakat kabupaten ini yang mayoritas tertinggi jumlahnya hanya bersekolah hingga bangku SMP. Sehingga tak heran, pekerjaan sebagai buruh pabrik seringkali menjadi incaran para pencari kerja yang hanya mengantongi ijazah terbatas ini. (Henny)