Mengintip Tradisi Nelayan Merak Sambut Ramadhan

Cilegon Banyak cara yang dilakukan masyarakat dalam menyambat Bulan Suci Ramadhan. Di Merak, Kota Cilegon, Banten, ratusan nelayan yang terhimpun dalam Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) perwakilan Kota Cilegon menggelar tradisi lomba memancing yang mereka adakan sejak beberapa tahun terakhir. Dalam perlombaan ini, salah satu nelayan berhasil memancing satu ikan Kuwe seberat 7,5 kilogram. Ikan ini berhasil dipancing di perairan sekitar pelabuhan Pelindo, Kecamatan Ciwandan, tempat lomba memancing dilakukan.

“Perlombaan memancing ini sengaja mereka adakan sesuai tradisi para nelayan menyambut bulan Suci Ramadhan, sejak beberapa tahun terakhr,” ujar Yayan, Ketua HSNI Kota Cilegon, Sabtu (4/6/2016).

Sebelumnya, kata Yayan, HNSI mengadakan secara sederhana, tetapi untuk tahun ini dilakukan secara meriah. “Untuk lokasi lomba memancing selain di perairan pelabuhan Pelindo, juga di perairan Merak. Mudah-mudahan dengan selalu adanya perlombaan ini maka silaturahmi antar nelayan tetap terjaga,” katanya.

Perlombaan memancing tahun ini ternyata mendapatkan antusias yang cukup tinggi dari para anggota HSNI. Ada sekitar 500 peserta lomba yang mendaftarkan diri dan mereka rata-rata memancing dengan mempergunakan perahu yang mereka pergunakan untuk mencari nafkah setiap harinya. Cuaca perairan tempat perlombaan yang terjadi di lokasi perlombaan cukup  mendukung sehingga para nelayan bisa menikmati acara lomba memancing ini dengan tenang dan santai. (Henny)