Dinilai Punya Kesamaan Visi, Gerindra-PKS Sepakat Bangun Koalisi

Serang – Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sudah memulai tahap pencarian bakal calon gubernur dan wakil gubernur untuk bertarung di pemilihan Gubernur Banten 2017 mendatang. Namun karena kursi partai Gerindra di DPRD Banten hanya 10 kursi. Sedangkan syarat utama untuk mencalonkan gubernur minimal 17 kursi, maka mau tidak mau mereka harus membuat koalisi sebelum memutuskan untuk mencalonkan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten. Satu partai yang agaknya sudah dipastikan akan berkoalisi dengan Partai Gerindra adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang memiliki 8 kursi DPRD Banten.

“Besok deklarasinya, Sudah fix Gerindra-PKS berkoalisi,” kata Wakil Ketua DPD Gerindra Banten, Ade Hidayat, kepada wartawan, Selasa (12/4/2016).

Dikatakan Ade, koalisi yang dibangun untuk menemukan sosok bakal calon Gubernur dan wakil Gubernur yang nantinya bakal diusung untuk maju dalam Pilgub Banten mendatang. “Kita punya kesamaan visi dalam membangun Banten. Banten dua kali disclaimer berturut-turut. Kami butuh sosok yang mampu memperbaiki itu,” jelasnya.

Koalisi yang dibangun Gerindra sambil menunggu perkembangan partai lain yang saat ini sedang melakukan penjaringan. Namun, saat ini koalisi tersebut belum sampai membahas pasangan calon yang akan diusung.

Diketahui, Gerindra disebut-sebut akan mengusung Ketua DPD Gerindra Banten Budi Heryadi. Sementara di PKS, nama mantan Menteri Pertanian Republik Indonesia Anton Aprianto pun dianggap sebagai kader terbaik partai yang layak maju dalam Pilgub 2017 mendatang. (Red/Iqb)