Kadis DP3AKKB Provinsi Banten Sitti Ma’ani Nina Dilantik Jadi Ketua ILDI Banten

SERANG, beritaindonesianet- Kadis DP3AKKB Provinsi Banten Sitti Ma’ani Nina resmi dilantik menjadi Ketua Ikatan Langkah Dansa Indonesia (ILDI) Provinsi Banten periode 2024-2028. Nina mengaku kepengurusannya akan menciptakan inisiatif baru yang dapat mengangkat seni dansa dan memperkaya budaya Indonesia, khususnya Banten.
“Sebagai pengurus yang baru, kami menyadari bahwa tantangan yang akan kami hadapi tidaklah ringan. Namun, dengan semangat kebersamaan, kerja keras, dan inovasi, saya yakin kita mampu membawa Ikatan Langkah Dansa Indonesia Provinsi Banten menuju kea rah yang lebih baik dan lebih maju. Kami akan terus mengembangkan program-program yang telah ada, serta menciptakan inisiatif baru yang dapat mengangkat seni dansa dan memperkaya budaya kita,” ujar Nina dalam sambutan usai pelantikan kepengurusan ILDI di Hotel Horison TC-UPI Serang, Banten, Rabu (22/05).
Nina mengaku kepengurusannya akan berkomitmen untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam seni dansa, khususnya di kalangan generasi muda. “Pendidikan dan pelatihan akan menjadi fokus utama kami untuk melahirkan penari-penari berbakat yang dapat bersaing di tingkat nasional.”
Kepenegurusan ILDI Banten 2024-2028 juga akan berusaha menjalin kerjasama yang lebih erat dengan pemerintah, komunitas seni, dan berbagai pihak terkait lainnya. “Kami percaya bahwa sinergi dan kolaborasi adalah kunci keberhasilan dalam mengembangkan dan memajukan seni dansa di Provinsi Banten,” kata Nina.
Sementara itu, Nina yang sehari-hari menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) Provinsi Banten mengungkapkan bahwa program ILDI searah dengan program DP3AKKB. “Masuk ke program pemberdayaan perempuan untuk olahraga dan budaya,” katanya.
Karena itu, Nina mengajak seluruh anggota dan simpatisan ILDI untuk bersama bekerja dengan semangat dan memberikan yang terbaik untuk organisasi. “Mari kita jadikan periode kepengurusan ini sebagai periode yang penuh prestasi dan kemajuan,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua Umum DPP ILDI Ambar Susilastuti mengungkapkan bahwa saat ini ILDI sudah terbentuk di 24 provinsi. Dan tahun 2025 mendatang, ILDI akan menghadapi Pornas, sehingga dipersiapkan untuk bisa mengikuti Porprov terlebih dahulu “Jadi, saya berharap kepengurusan yang baru dilantik segera membuat program kerja, karena akan menghadapi Porprov di tahun 2024 ini dan Pornas tahun 2025 di NTT.”
Ambar juga mengungkapkan apresiasinya terhadap pelaksanaan kegiatan ILDI Banten. “Saya berharap Banten akan menjadi contoh tingkat nasional,” ungkapnya.
Agar kegiatan dan program ILDI Banten berjalan lancar, Ambar juga menginstruksikan kepengurusan baru untuk segera melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Banten. “Segera lakukan koordinasi untuk mendapatkan dukungan pemerintah melalui anggaran dan kegiatan dibawah kormi maupun dukungan dari Dinas Pemuda dan Olahraga.”
Pendiri yang juga sekaligus Penasehat ILDI Kootje Watimena juga mengungkapkan apresiasinya terhadap pembentukan kepengurusan baru ILDI Banten. Ia berharap agar kepengurusan periode 2024-2028 di bawah komando Sitti Ma’ani Nina bisa berjalan dengan baik. “Saya berharap kepengurusan baru ini bisa berjalan dengan baik. Apalagi, banyak manfaat yang didapat dari kegiatan ILDI diantaranya : kesehatan, kebugaran, kebahagiaan, grooming, penampilan, dan mengangkat derajat,” katanya.(hen)