Berita Daerah

Puncak Arus Mudik 2024 Diprediksi 5-7 April

SERANG, beritaindonesianet – Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten Tri Nurtopo memperkirakan kepadatan arus mudik lebaran 2024 berlangsung selama tiga hari, yaitu pada Jumat hingga Minggu malam, tanggal 5-7 April 2024 mendatang. Namun, puncak arus mudik diprediksi berlangsung pada H-4 atau 6 April mendatang.
“Perkiraan arus puncak mudik lebaran yaitu malam Sabtu, malam Minggu sampai malam Senin, tapi puncaknya itu perkiraan kita malam Minggu. Karena orang hari Jumat masih kerja, mungkin masik capek. Tapi ada juga orang yang ngotot pengen segera pulang kampung, jadi pulang kerja langsung berangkat mudik,” kata Tri Nurtopo, saat paparan di Kantor Bangun Media Grup (BMG), di Kota Serang, Selasa (02/04).
Agar perjalanan mudik berlangsung aman dan lancar, Tri Nurtopo memastikan bahwa pihaknya akan terus melakukan pengamanan mudik lebaran, sehingga para pemudik yang melintas di wilayah Provinsi Banten dapat merasa aman dan nyaman. Meskipun demikian, Tri Nurtopo menghimbau kepada seluruh pemudik agar mematuhi rambu-rambu lalulintas selama perjalanan.
“Untuk yang pemudik mohon patuhi rambu-rambu lalu lintas dan petugas yang mengatur lalu lintas, ingat petugas yang ngatur lalu lintas itu bukan untuk menjerumuskan para pemudik,” ujarnya.
Menurut Tri Nurtopo, selama arus mudik dan arus balik tidak akan ada penindakan bagi pelanggar lalu lintas. Meskipun demikian, tilang elektronik tetap diberlakukan. Karena itu, para pengemudi diharapkan tetap mematuhi aturan lalu lintas.
“Selama arus mudik dan arus balik nanti petugas tidak akan ada melakukan penindakan, tetapi E-TLE tetap berlaku. Untuk itu kepada seluruh pemudik menaati rambu-rambu lalulintas,” tutupnya.
Dalam diskusi tersebut, hadir Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Pemerintah Provinsi Banten Beni Ismal, beserta Kabag dan Kasubagnya. Beni mengaku Pemerintah Provinsi Banten siap menyukseskan arus mudik 2024. “Kami sudah melakukan rakor lintas sektoral dan saat ini kita semua siap menyukseskan pelayanan arus mudik 2024,” katanya.
Sementara CEO Bangun Media Grup (BMG) Lesman Bangun mengajak seluruh masyarakat untuk ikut membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat saat arus mudik 2024. “Dan sebagai media, ayo kita bantu menyukseskan arus mudik dengan membuat pemberitaan yang kondusif dan aktual, sehingga arus mudik tidak hanya lancar, tetapi juga aman dan nyaman.”(hen)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"