Berita AktualBerita DaerahRedaksi

Dorong Kunjungan Wisata, Dispar Ekraf DKI Jakarta Adakan JTF 2023

JAKARTA, beritaindonesianet-Dorong peningkatan kunjungan wisatawan di Jakarta, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta menggelar Jakarta Travel Fair (JTF) 2023 yang dibuka di Novotel, pada Rabu (15/11)

Turut hadir dan menjadi narasumber Hanley Budiman, Ketua Panitia Pelaksana JTF 2023
, Adi Susanto, Ketua DPD Astindo Lampung, Sherly Yuliana, Kabid Dinas Pariwisata DKI Jakarta,
Bobby Irawan, Kepala Dinas Pariwisata dan ekonomi kreatif provinsi Lampung

Kabid Pemasaran dan Atraksi-Disparekraf
Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Sherly Yuliana, mengatakan kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun ini juga bertujuan untuk mempromosikan keunikan serta keragaman yang ada di DKI Jakarta sekaligus dalam rangka mendukung program Pemerintah Pusat BBWI – Bangga BerWisata di Indonesia dengan target 1,4 miliar pergerakan wisatawan Nusantara.

“Pemprov DKI Jakarta sangat mendukung program Pemerintah Pusat BBWI – Bangga BerWisata di Indonesia dengan target 1,4 miliar pergerakan wisatawan Nusantara, untuk itu kami berharap Jakarta Travel Fair dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari daerah lain ke Jakarta, untuk menikmati liburan di Jakarta aja,” kata Sherly.

Sebelumnya kegiatan JTF sudah dilaksanakan di Palembang pada 18-22 Oktober 2023, menyusul kemudian di Surabaya pada 1-5 November 2023, dan terakhir dilaksanakan di Lampung (15-19 November 2023).

Berbeda dari tahun sebelumnya dalam pelaksanaan JTF 2023 ini Sherly menyebut pihaknya menggandeng asosiasi sektor pariwisata
.
“Tahun ini kami membuat terobosan baru dengan menggandeng asosiasi travel agent seperti Asosiasi Travel Agent Indonesia atau ASTINDO, yang sudah seringkali menyelenggarakan berbagai event travel fair agar jumlah kunjungan wisatawan ke DKI Jakarta dapat semakin meningkat,” ungkapnya.

Peserta JTF melibatkan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Jakarta dari lintas sektoral yakni travel agent/tour operator, hotel, transportasi, pemandu wisata, destinasi wisata, maskapai penerbangan, toko souvenir, pengrajin batik, dan sebagainya, yang akan memberikan harga khusus selama pameran ini. Para travel agent pun akan memperkenalkan paket-paket wisata unik dan baru seperti 46 rute walking tour, door to door package, student program, island hopping, dan lain-lain.

Peserta JTF 2023 di Lampung kali ini diramaikan oleh Sido Travel, Xpose Leisure Jakarta, Amazing Batik Tour, Oke Travel, Safa Tour, Jakarta Good Guide, Coconut Vacation, Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno, Ancol Taman Impian, Kidzania Jakarta, TMII (Taman Mini Indonesia Indah), White Horse Group, Vasaka Hotel Jakarta Managed By Dafam, Santika Indonesia Hotels & Resorts, Sparks Life Jakarta Artotel Curated, The Ascott Limited Indonesia, Zuri Hotel Management, Royal Palm Hotel & Conference Center Cengkareng, Arcadia By Horison Mangga Dua Jakarta, Liberta Hotel Kemang, Ashley Hotel Group, Triniti Hotel Jakarta, Hotel Grand Dafam Ancol Jakarta, Orchardz Hotel Group, Mercure Cikini Hotel, Waringin Hospitality Hotel Group, Hotel Bidakara Jakarta, Mercure Jakarta Batavia, Ra Suites Simatupang, Intiwhiz International, PT. Ainon Untung Lestari.

Turut serta memeriahkan JTF 2023 di Lampung beberapa agen lokal seperti Adiyatama Tour, Anugrah Wisata, Wijaya Tour, Sekai Tour, Image Tour, dan UMKM Disparekraf, diantaranya: Artuready By Indahveny, Bir Pletok Alifah

Sejumlah maskapai penerbangan seperti Citilink, Garuda, Lion Group (Batik Air, Lion Air, Super Air Jet, Wings Air), dan Pelita Air turut serta mendukung kegiatan JTF 2023 melalui pemberian doorprize tiket dan promosi harga khusus selama pameran.

“Tentunya dalam event pameran ini akan ada penawaran dengan harga spesial untuk paket-paket wisata unik dan baru seperti 46 rute walking tour, door to door package, student program, island hopping, dan lain-lain,” ujarnya.

Dalam kegiatan JTF 2023 ini ada banyak penawaran menarik untuk berwisata ke Jakarta, antara lain paket Jakcation dengan menginap selama tiga hari diharga Rp599 ribu, Holiday Jakarta, Rp999 ribu, Walking Tour Rp50 ribu, Free and Easy Jakarta Rp350 ribu, Jak Fun seharga Rp299 ribu, ditambah voucher breakfast di hotel sebesar Rp99 ribu, Royal Signature Lampung-Jakarta OW Rp225 ribu

Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif DKI Jakarta turut memboyong Abang dan None Jakarta sebagai duta pariwisata DKI Jakarta. Kegiatan JTF 2023 akan dilaksanakan di Atrium lantai 1 Mall Boemi Kedaton Lampung 17-19 November 2023 yang akan dimeriahkan oleh Novia Situmeang dan Nyoman Paul Serta penampilan band Batas Senja

Di tahun 2023 Pendapatan asli daerah Provinsi DKI Jakarta di sektor hotel, Restoran dan Hiburan sampai 18 september 2023 sudah hampir memenuhi target dengan pencapain sebesar Rp4.732 trilun dari Target APBD 2023 yaitu senilai Rp5.8 triliun.

“Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif DKI Jakarta berharap Jakarta Travel Fair dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari daerah lain ke Jakarta, untuk menikmati liburan di Jakarta saja,” tutup Andhika Permata.(kus)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"