Berita AktualBerita Daerah

KPP Pratama Tangerang Barat Deklarasikan Pengarusutamaan Gender (PUG)

TANGERANG, beritaindonesianet – KPP Pratama Tangerang Barat melaksanakan Sosialisasi dan Deklarasi Pencanangan Pengarusutamaan Gender (PUG) di lingkungan KPP Pratama Tangerang Barat secara virtual yang dihadiri oleh Direktur Keuangan dan umum, Sekretariat Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah dan Praktisi PUG Kementerian Keuangan Suroso, Kepala Kanwil DJP Banten Dionysius Lucas Henderawan, Ketua UMKM Kota Tangerang dan Ketua Himpunan Pengurus PAUD Indonesia di Kota Tangerang.
Deklarasi Pencanangan Pengarusutamaan Gender (PUG) KPP Pratama Tangerang mendapat dukungan penuh dari Walikota Tangerang H. Arief Rachadiono Wismansyah sebagaimana sambutan walikota di awal kegiatan.
Deklarasi ini merupakan inovasi atas isu gender yang muncul akibat adanya kesenjangan atau ketimpangan gender yang memberikan implikasi adanya diskriminasi terhadap salah satu pihak. Diskriminasi ini menyebabkan adanya ketidaksetaraan perlakuan adil baik bagi laki-laki, perempuan, orang lanjut usia (lansia), anak-anak, dan orang-orang berkebutuhan khusus (disabilitas) yang merupakan suatu keseluruhan proses kebijakan pembangunan dengan mempertimbangkan pengalaman, kebutuhan, kesulitan, hambatan untuk mendapatkan akses dan manfaat dari usaha-usaha pembangunan.
Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Pajak memiliki komitmen yang kuat untuk mendorong dan berperan aktif dalam dalam upaya mewujudkan Keadilan dan Kesetaraan Gender. Hal ini diwujudkan melalui Pengarusutamaan Gender yang disingkat menjadi PUG. PUG adalah strategi untuk mencapai keadilan dan kesetaraan gender melalui kebijakan, program, dan kegiatan yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan serta permasalahan laki-laki dan perempuan dalam proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan serta pemantauan dan evaluasi dari seluruh aspek kehidupan dan pembangunan.
Dalam deklarasi implementasi PUG di KPP Pratama Tangerang Barat telah dilakukan pemilihan Duta PUG dan penyediaan sarana dan prasarana yang mendukung terlaksananya kegiatan PUG, seperti ruang laktasi, penyediaan toilet terpisah untuk laki-laki, perempuan dan difabel, ruang tunggu untuk loket prioritas, anak tangga yang ramah untuk disabilitas, tersedianya alat bantu baca, kursi roda dan parkir prioritas.
Kegiatan sosialisasi dan deklarasi implementasi PUG di KPP Pratama Tangerang Barat ditutup dengan penampilan paduan suara dan band KPP Pratama Tangerang Barat yang memperlihatkan sinergi dan keterlibatan seluruh pegawai sebagai perwujudan implementasi PUG.

#PajakKitaUntukKita
#DJPKuatIndonesiaMaju

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"