Berita AktualBerita Daerah

Juri Tim 10 LKBA Sambangi Desa Barengkok, Kades Ajak Masyarakat jaga K3

 

SERANG, beritaindonesianet- Dalam Perlombaan Kampung Bersih, Aman (LKBA) dan Kampung Tangguh Covid-19, tahun 2020, Desa Barengkok mendapatkan kunjungan serta penilaian ke-II dari tim 10 LKBA terdiri dari unsur TNI-POLRI, dan Pemkab Serang. Selasa (01/11).
Dalam kegiatan penilaian LKBA ini pihak Pemerintahan Kecamatan Kibin bersama Babinkantibmas, Babinmas dan Pemdes Barengkok turut mendampingi penilaian yang dilakukan oleh Tim Penilai LKBA Kab. Serang.

Kepala Desa Barengkok Laelah mengajak masyarakat nya untuk selalu menjaga serta merawat lingkungan dan peran aktif masyarakat nya untuk menumbuhkan kembali semangat gotong royong yang menjadi budaya bangsa Indonesia, serta selalu menjaga K3 (Kebersihan,keamanan,dan ketertiban) di dalam lingkungan agar terciptanya rasa nyaman dan aman di tengah-tengah lingkungan masyarakat.
Saat di wawancarai oleh awak media Kades Barengkok melalui Sekdes nya yaitu Sanen mengatakan bahwa pihak pemerintah desa barengkok selalu turut mengikuti kegiatan ini di setiap tahun nya, menurut nya pada tahun lalu desa barengkok menunjuk kampung kalong untuk mewakili desa nya pada ajang LKBA, sedangkan untuk tahun ini menurutnya desa nya menunjuk kampung gedung laban, dan nanti pada tahun berikutnya giliran kampung sadang untuk mewakili desa barengkok.
“Kedepannya nanti setiap RW akan kita tunjuk untuk mengikuti kegiatan perlombaan LKBA, di tahun depan nanti kampung sadang yang arah mau ke kantor desa barengkok yang akan mengikuti kegiatan perlombaan LKBA berikutnya, Bu Kades Laelah pun selalu berkomitmen untuk menyerukan untuk mengajak kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, keamanan dan ketertiban agar terciptanya kenyamanan di tengah-tengah masyarakat” Ujarnya.

Selain itu Kepala bidang pemberdayaan masyarakat dari DMPD Kabupaten Serang H.Nasir Al Fagni yang sebagai Tim 10 dari juri LKBA saat di wawancarai oleh awak media mengatakan bahwa untuk lomba LKBA di tahun 2020 beberapa aspek yang akan di nilai oleh pihaknya diantaranya adalah bagaimana masyarakat mempunyai partisipasi terkait dengan K3 (keamanan, kebersihan dan ketertiban) , penataan lahan penghijauan di lingkungan,ketahanan pangan, pengolahan sampah atau bank sampah, dan peran aktif pemuda dalam pembangunan desa serta kelompok yang memiliki kesadaran hukum.

“Banyak aspek untuk penilaian dari kami yaitu dari aspek keamanan ada 4 kriteria, keindahan dan pemberdayaan ada 23 kriteria, salah satunya peran serta partisipasi masyarakat dalam membangun desanya” Ungkapnya

Senada dengan Kades Barengkok Juri dari tim 10 , H.Nasir Al Fagni mengatakan bahwa jangan adanya kegiatan ini saja akan tetapi masyarakat harus bisa berkelanjutan untuk membangun desa nya dalam aspek kebersihan ,keamanan, dan kenyamanan
“Saya pun senada dengan Kades Barengkok, masyarakat harus bisa berkelanjutan untuk membangun desa nya dalam aspek kebersihan, keamanan dan keindahan lingkungan” Ujarnya.

Di waktu yang bersamaan Camat Kibin H.Imron Ruhyadi mengatakan Di ajang perlombaan LKBA tahun 2020 ini pihaknya sudah evaluasi dibandingkan dari tahun sebelumnya, untuk tahun ini menurutnya ada perubahan yang drastis. masing-masing desa yang ada di kecamatan kibin yang mengikuti event perlombaan LKBA ini telah menjukan yang terbaik di antaranya desa barengkok ini.
menurut nya pihaknya berharap tujuan di lakukan lomba kampung bersih kampung aman ini adalah untuk menstimulan atau merangsang serta memotivasi masyarakat untuk memiliki rasa untuk ingin mempercantik lingkungan, memperindah lingkungan, menjaga keamana ketertiban lingkungan yang kelak lambat laun akan menjadi kebutuhan.

“Kalau target juara sih itu nomor sekian akan tetapi kita tidak menampik memang ada target juara, yang lebih penting dengan adanya tujuan mengikuti perlombaan ini kita ingin menstimulan atau merangsang serta memotivasi masyarakat untuk hal yang bersifat kebersihan keamanan dan kenyamanan itu agar menjadi sebuah kebutuhan dan kebiasaan masyarakat dengan sendirinya” Ujar Camat Kibin H.Imron Ruhyadi.
(Luk)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"