Disparbudpora Tanggamus Gelar Pelatihan Tata Kelola Homestay

GISTING, beritaindonesianet- Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tanggamus menggelar pelatihan tata kelola Homestay, di Aula Serumpun padi Kecamatan Gisting, Selasa (01/12/2020).

Kegiatan yang dibuka langsung Kepala Disparbudpora Kabupaten Tanggamus, Hj. Retno Noviana Damayanti tersebut dihadiri juga oleh Sekertaris Disparbudpora, Alkat Alamsyah dan Pemateri Pelatihan tata kelola Homestay Arif Nugroho.

Ketua Panitia Kegiatan, Zulia dalam laporannya mengatakan, kegiatan pelatihan selama tiga hari dari 1 Desember-3 Desember dengan jumlah peserta 69 orang yang berasal dari sejumlah kecamatan. Adapun sumber dana kegiatan berasal dari dana pelayanan kepariwisataan DAK non fisik.

“Tujuan dari pelatihan ini adalah, tercapainya pemahaman dan pengetahuan tentang tata kelola Homestay di seluruh elemen masyarakat dalam menjalankan usaha yang dimiliki lalu Menciptakan Homestay yang terkelola dan tertata dengan baik, mengembangkan dan memunculkan serta mengimplementasikan ciri khas dan keunikan yang ada di masing masing daerah kedalam penataan dan pengelolaan” Kata Zulia.

Sementara Kapala Disparbudpora Retno Noviana Damayanti mengatakan bahwa Tanggamus adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Lampung yang memiliki potensi sumberdaya aIam yang melimpah. Dilihat dari kondisi geograflsnya. Tanggamus mempunyai hutan tropis, air terjun, maupun pantai-pantai yang indah sehingga apabila dikelola dengan baik maka akan dapat memajukan perekonomian masyarakat.

“Untuk mengoptimalkan potensi pariwisata tersebut, diperlukan juga fasilitas pendukung seperti Homestay atau penginapan jenis Iainnya disekitar objek wisata. Oleh karena itu diperlukan pengelolaan dan tata kelola homestay yang baik sehingga nantinya selain mengamankan objek wisatanya, masyarakat yang berbeda di sekitar objek wisata juga mampu Meningkatkan prekonomiannya melalui usaha homestay yang dikelola baik secara perorangan maupun kelompok” Kata Retno.

Lanjutnya, Selain itu kerjasama dari berbagai pihak sangat dibutuhkan karena pengembangan pariwisata bersifat multifaktorial, baik dari pihak pemerintah, pelaku usaha jasa, maupun masyarakat.

“Oleh karena itu, untuk pengembangan Sumber Daya Manusia yang profesionalisme dibidang pariwisata khususnya dalam usaha Homestay, saya menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan Pelatihan Tata Kelola Homestay ini” Ucapanya.

Kapala Disparbudpora juga mengharapkan, Kabupaten Tanggamus memiliki SDM yang memenuhi target sesuai standar kompetensi demi terwujudnya pelayanan kepariwisataan yang berkualitas.

“Atas nama Pemerintah Daerah kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas Peran dan partisipasinya sehingga kegiatan pelatihan Ini dapat terlaksana. Semoga pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan peserta tentang pariwisata dan tata kelola Homestay di Kabupaten Tanggamus, sehingga mampu menjadi pengusaha atau pengelola objek wisata yang profesional dan inovatif di dalam pelayanan dan pengelolaan objek wisata” Tutupnya. (*)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"