Berita AktualBerita Internasional

Konferensi Batal, Boeing Klaim akan Beberkan Hasil Penyidikan

Internasional – Boeing bersikeras pihaknya akan membagikan informasi dari hasil penyelidikan mengenai jatuhnya salah satu pesawat anyar yang digunakan Lion Air bulan lalu. Pernyataan ini dilontarkan Boeing setelah membatalkan konferensi telepon dengan para pelanggannya, Selasa (20/11).

Media AS melaporkan bahwa konferensi telepon itu dibuat klien untuk menjawab pertanyaan seputar sistem kontrol yang digunakan pada pesawat Boeing 737-MAX 8 dan 9. Sebab, anomali pada sistem kontrol inilah yang diperkirakan jadi penyebab jatuhnya pesawat Lion Air PK LQP di perairan Laut Jawa, utara Karawang.

“Boeing telah – dan akan terus – menjalin hubungan dengan pelanggan kami,” kata juru bicara produsen pesawat AS kepada AFP.

“Kami terus menjadwalkan pertemuan untuk berbagi informasi.”

Kecelakaan Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 ini menewaskan 189 orang. Pesawat jatuh pada 29 Oktober, kurang dari 20 menit setelah tinggal landas pada penerbangan rutin ke Pangkal Pinang. Tidak ada korban yang selamat.

Laporan-laporan media menyebutkan bahwa CEO Boeing Dennis Muilenburg telah mengirim pesan kepada staf mereka Senin lalu. Pesan itu menegaskan bahwa pimpinan perusahaan tidak menyembunyikan informasi yang berkaitan dengan Maneuvering Characteristics Augmentation System (MCAS) yang dirancang untuk mencegah pesawat jatuh. Ketika ditanya terkait memo tersebut, juru bicara perusahaan mengelak.

“Saya tidak punya komentar tambahan tentang memo itu,” kata juru bicara perusahaan itu kepada AFP.

“Masalah MAX terkait dengan desain hibridanya,” kata seorang ahli aeronautika, yang meminta untuk tidak diidentifikasi, kepada AFP.

“Boeing harus membuat sejumlah pilihan dan berkompromi terkait avionik dan sistem komando penerbangan saat pesawat ini dikembangkan,” katanya.

Ahli menambahkan masalah utama dengan MAX adalah disatukannya sistem kontrol lama dengan yang baru. Hal ini dilakukan agar pesawat Boeing bisa lebih kompetitif dari pesaingnya.

Ia memperkirakan perkawinan sistem baru ini tidak dipahami oleh pilot yang kesulitan mengendalikan pesawat hingga akhirnya pesawat terjatuh.

Pekan lalu, serikat pilot maskapai AS, APA, mengatakan bahwa perusahaan dan pilot belum diberitahu soal adanya perubahan dalam sistem kontrol pesawat.

Pilot tersebut mengungkap bahwa pihaknya telah menyerahkan petunjuk uji coba baru kepada awak penerbangan soal adanya anomali sensor “Angle of Attack” yang mungkin jadi penyebab kecelakaan Lion Air. (eks/cnn)