Berita AktualBerita DaerahBerita Politik

Bawaslu Banten Temui Pemkab Pandeglang

Pandeglang – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pandeglang guna membahas sinergitas pengawasan pada Pemilu2019.

“Kita melakukan kunjungan atau road show ke delapan kabupaten/kota yang ada di Banten, termasuk Pandeglang,” ujar Komisioner Bawaslu Banten Nurhayati Solapari saat pertemuan dengan Bupati Pandeglang, seperti dilansir Antara, Kamis (1/11/2018).

Ia mengaku telah mengirimkan surat ke seluruh kabupaten atau kota di Banten dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang memberikan tanggapan paling cepat sehingga bisa dilaksanakan pertemuan.

Menurut Nurhayati, tujuan utama road show yakni dalam rangka sinergitas untuk mewujudkan Pemilu 2019 yang damai.

Dalam kesempatan itu, ia juga menjelaskan tiga pokok tugas dari Bawaslu yaitu pencegahan, pengawasan, dan penegakan hukum.

“Yang terus dikedepankan adalah pencegahan dan pengawasan. Pengawasan pada dasarnya tidak hanya tugas Bawaslu melainkan semua pihak, baik masyarakat maupun pemerintah. Oleh sebab itu ini perlu terjalin kerja sama agar terjadi netralitas dikalangan aparatur sipil negara (ASN),” paparnya.

Terkait penindakan atau penegakan hukum, lanjut Nurhayati, hal ini merupakan mahkota Bawaslu. Artinya, kata dia, kegiatan ini sebagai hal yang sangat akhir saat terjadinya pelanggaran yang dilakukan oleh para peserta Pemilu.

“Saya harap ini tidak terjadi, untuk meminimalisasi hal itu kami lakukan road show ini ke semua kabupaten atau kota agar terjadi sinergitas yang baik sehingga pemilu damai dapat terwujud,” jelas Nurhayati. (red)