Berita DaerahBerita Nasional

Atlet Asian Games Banten Akan Bawa Api Obor Ke Banten Lama

Serang – Ajang perhelatan olahraga tingkat negara-negara Asian tinggal beberapa bulan lagi. meskipun acara Asian Games nya nanti berlangsung di Jakarta dan Palembang, Provinsi Banten ternyata juga ikut dilibatkan di dalamnya, karena api obor untuk pembukaan akan melintasi Banten.

Rencananya, api obor ini akan dibawa oleh para atlet Asian Games indonesia asal Banten dan salah satu rutenya melintasi kawasan Banten lama.

Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga atau Sekdisora Provinsi Banten Ai Dewi Suzana mengaku pihaknya baru rabu pagi melakukan rapat koordinasi masalah keterlibatan Provinsi Banten ini. yang lebih membanggakan, api obor ini rencananya akan dibawa oleh para atlet Banten yang akan memperkuat atlet indonesia di Asian Games nantinya.

Diharapkan, kesempatan langka ini tidak disia-siakan masyarakat. pasalnya, api obor asal india ini tidak hanya melintasi jalan utama sejumlah kota kabupaten saja, tetapi juga mengambil rute melintas hingga Banten lama. Ujar Ai Dewi Suzan, Sekdispora Provinsi Banten.

Dari catatan rencana acara Asian Games 2018, api obor yang berasal dari new delhi india ini akan diberangkatkan pertengahan bulan juli mendatang. api ini kemudian langsung dibawa dengan mempergunakan pesawat ke jawa tengah, dan kemudian akan dibawa berkeliling di puluhan kabupaten kota di Provinsi yang berada di semua kepulauan besar di indonesia.

Api obor ini akan melintasi Provinsi Banten pada tanggal 9 hingga 10 agustus dan kemudian berlanjut ke kota dan kabupten lain hingga akhirnya akan diterima Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada puncak hari kemerdekaan indonesia tanggal 17 mendatang, dan berakhir di kawasan monas keesokan harinya.(red)