Berita Aktual

Qualcomm akan Luncurkan Chipset Khusus 5G

Iptek – Qualcomm tampaknya tak mau buang waktu soal teknologi 5G. Mereka sedang menyiapkan chipset Snapdragon X50 yang dirancang khusus untuk 5G bersama 18 produsen perangkat smartphone. Chipset ini akan dirilis tahun depan.

Berdasarkan laporan laman GSM Arena pada 8 Februari 2018, 18 Original Equipment Manufacturer (OEM) yaitu, produsen smartphone Asus, Fujitsu, HMD Global, HTC, LG, Oppo, Sharp, Sony, vivo, Xiaomi, dan ZTE. Dan raksasa ponsel pintar Samsung tetap menjadi mitra secara terpisah, hanya Apple yang hilang dari dari daftar tersebut.

Pabrikan chipset dari San Diego, California, tersebut berencana menjual perangkat mobile 5G 2019. Dalam siaran pers, perusahaan tersebut juga akan berkerja sama dengan operator seperti AT&T, China Mobile, Orange, SK Telecom, Verizon dan Vodafone serta melakukan uji coba untuk standar 5G untuk mengoptimalkan jaringan mereka.

Untuk menunjukkan kemajuannya, Qualcomm akan menunjukkan kecepatan chipset Snapdragon X50 5G di Mobile World Congress (MWC) yang dilaksanakan pada 26 Februari hingga 1 Maret 2018 di Barcelona. Namun, uji coba secara langsung standar 5G dengan para OEM dimulai akhir 2018, sehingga produsen dapat mengumumkan smartphone super cepatnya di tahun berikutnya.

Menurut Qualcomm, perusahaan seperti AT&T, China Mobile, Orange, SK Telecom, Verizon dan Vodafone akan melakukan uji coba untuk standar 5G untuk mengoptimalkan jaringan mereka. Jaringan 5G dapat membawa peningkatan mobile broadband ke PC Always Connected, perangkat virtual reality (VR) dan augmented reality (AR). (amb/amr)