Berita AktualBerita Internasional

Berkomentar Pro-Beijing soal LCS, Senator Australia Dipecat

Internasional – Salah satu senator dari Partai Buruh Australia (ALP), Sam Dastyari, dipecat karena melontarkan komentar yang bernada mendukung China saat menyatakan pendapat mengenai situasi di Laut China Selatan.

Pemecatan ini disampaikan langsung oleh Ketua ALP, Bill Shorten, melalui telepon pada Rabu (29/11). Dalam percakapan tersebut, Shorten meminta Dastyari untuk keluar dari parlemen.

“Ini bukan keputusan mudah. Saya mengatakan kepada Senator Dastyari bahwa komentarnya tak sesuai dengan kebijakan Partai Buruh dan membuat posisinya tak bisa dipertahankan,” ujar Shorten.

Keputusan ini diambil setelah video saat Dastyari berpidato dalam kampanye pemilihan umum federal pada 2016 lalu beredar di berbagai jejaring sosial.

Didampingi seorang pebisnis China dan penyumbang dana ALP, Dastyari melontarkan komentar yang terkesan mendukung penolakan Beijing terhadap keputusan Pengadilan Tetap Arbitrase (PAC) terkait kasus sengketa lahan di Laut China Selatan.

“Integritas China mengenai masalah perbatasannya adalah urusan China,” kata Dastyari dalam pidato tersebut, sebagaimana dikutip Channel NewsAsia.

Dastyari sendiri sudah mengundurkan diri dari posisi juru bicara ALP di parlemen sejak tahun lalu, ketika media China mengabarkan bahwa pernyataannya berbeda dengan kebijakan partainya.

Dia bahkan mengakui bahwa seorang pendonor dari Partai Komunis China, Huang Xiangmo, pernah membantunya untuk membersihkan nama. (has/cnn)