Satu Tahun Tak Berkomunikasi, Xi Jinping Kirim Surat ke Kim Jong-un

Internasional – Setelah satu tahun tak berkomunikasi langsung, Presiden China, Xi Jinping, akhirnya mengirimkan pesan langka ke pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, untuk memastikan penguatan kerja sama kedua negara.

“Saya harap pada situasi baru ini, China dan Korut relasi kedua negara dapat lebih berkesinambungan dan stabil,” ujar Xi sebagaimana dikutip kantor berita Korut, KCNA, Kamis (2/11).

Xi melayangkan pesan ini untuk membalas surat yang dikirimkan Kim saat China menggelar kongres lima tahunan partai berkuasa pada bulan lalu.

Dalam surat itu, Kim mengucapkan selamat “yang tulus” bagi Xi yang kembali terpilih menjadi ketua Partai Komunis China.

Korespondensi para pemimpin ini terjadi di tengah merenggangya hubungan kedua sekutu lama ini akibat ambisi rudal dan nuklir Pyongyang.

Namun, juru bicara Kementerian Luar Negeri China mengatakan bahwa surat Kim itu hanya satu dari sederet surat dari para pemimpin negara lain yang diterima Xi.

Menurut juru bicara itu, pesan yang diterima oleh Kim merupakan “tanda kesopanan” dari Xi.

Di sisi lain, para analis mengatakan bahwa pertukaran pesan antara pemimpin China dan Korut sangat jarang terjadi.

Sebelumnya, pemimpin kedua negara hanya bertukar pesan untuk saling mengucapkan selamat atas hari kemerdekaan masing-masing.

Profesor Yang Moo-jin dari Universitas Studi Korea Utara mengatakan bahwa pertukaran pesan antara Kim dan Xi ini dapat menyiratkan kemauan kedua negara untuk memperkuat relasi.

“Pertukaran surat yang diumumkan seperti ini memberikan simbil tertentu,” kata Yang kepada AFP(has/cnn)