Berita AktualBerita Daerah

Kepala DP3AKKB Banten: Jangan Kenalkan Anak pada Gadget Terlalu Dini

Serang – Bermain games dan beraktivitas mempergunakan HP atau gadget memang sering mengasyikkan. Sehingga tak heran, seseorang bisa ber jam-jam mempergunakan HP atau gadget sehingga enggan melakukan aktivitas lainnya. Ironisnya, saat ini barang elektronik ini bukan saja akrab bagi orang dewasa saja, anak-anak, dan bahkan balita pun seringkali sibuk dengan gadget mereka.

Fenomena kecanduan HP atau gadget ini terutama pada anak-anak dan balita menjadi perhatian Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan, dan Keluarga Berencana  Provinsi Banten, atau Kadis DP3AKKB Provinsi Banten, Siti Ma’ani Nina. Ia mengaku khawatir terhadap tingkat kecanduan anak terhadap gadget.

“Selain mengganggu kesehatan mata, kualitas games atau tontonan sang anak di gadget perlu diperhatikan. Karena itu, jika pun anak diberikan gadget,  orang tua harus bisa mendampingi anak mereka, agar terkontrol,” katanya, Kamis (22/9/2017).

Sementara itu, sejumlah orang tua yang memberikan HP atau gadget ke anak mereka mengaku selain ingin menyenangkan anak, juga untuk mengisi waktu anak sehingga mereka tidak bermain jauh dari rumah.

Mengenai kekhawatiran dampak negatif gadget terhadap anak, beberapa dari mereka mengaku selalu mengontrol games atau pun tontanan anak di gadget mereka. (hen)