Bank di Banten Masih Minim

ANYER, beritaindonesianet – Jumlah bank di seluruh daerah di Provinsi Banten ternyata masih tergolong minim dan penyebarannya pun tidak merata. Karena itu, kreativitas dari pelaku dunia perbankan sangat diperlukan agar semangat masyarakat untuk melakukan transaksi bank bisa meningkat.
“Di Banten, bank paling banyak terdapat di daerah Tanggerang, tetapi di daerah Selatan seperti Pandeglang dan Lebak masih sedikit,” ujar Direktur Managemen Strategis, Edukasi dan Perlindungan Konsumen (EPK) dan Kemitraan Pemerintah Daerah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wilayah Regional I Banten Jakarta Duma Riana.
Duma juga mengungkapkan tentang minimnya dan tidak meratanya pemasangan ATM yang ada di Banten. “Ini tidak lepas dari tidak meratanya jumlah penduduk yang ada. “Di Tanggerang ATM bisa kita temukan di mana-mana, sedangkan di daerah Selatan bahkan banyak daerah yang tidak ada ATM.”
Duma mengakui jika bank saat ini banyak yang ber-investasi di tempat yang banyak penduduknya. “Bergantung jumlah penduduknya. Jika penduduknya padat, di situlah paling banyak bank, following the business. Karena itu kita ubah pemikirannya, seharusnya di mana ada penduduk, ya di sana harus ada bank,” katanya saat acara Gathering OJK dan kalangan media di Hotel Aston, Anyer, Kabupaten Serang, Banten, Rabu pagi (14/12)..
Karena itu, Duma berharap agar pihak perbankan bisa meng-create hal ini agar gairah perbankan di masyarakat bisa meningkat. “Sebenarnya jika di suatu tempat tidak ada bank, bukan berarti masyarakat di sekitar sana tidak mau menabung, tetapi mungkin saja mereka tidak tau bagaimana caranya,” ujarnya.
OJK Regional I DKI Jakarta dan Pemerintah Provinsi Banten sebelumnya telah membentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD). Tim ini muncul mengingat masih rendahnya hasil survey nasional literasi keuangan, pembiayaan UMKM dari lembaga jasa keuangan, dan tingginya kesenjangan antara ketersediaan kantor bank dan anjungan tunai mandiri dengan jumlah penduduk, terutama di kawasan Tangerang Raya dan Kota Serang.
Dalam acara Gathering antara OJK dan kalangan media di wilayah DKI Jakarta dan Banten, pihak OJK berharap agar mereka bisa bermitra dengan media, terutama dalam hal penyebaran informasi perbankan. Duma juga berharap dengan adanya acara bisa menambah wawasan insan media tentang perbankan dan tugas serta fungsi OJK dalam dunia perbankan. (odeh)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"