Berita AktualBerita DaerahBerita Ekonomi

APBD Banten Naik di Tahun 2017

 Serang – Dua bulan menjelang pergantian tahun 2016 ke 2017, pemerintah Provinsi Banten terus melakukan pembahasan tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) untuk tahun 2017 mendatang. Sekretaris Daerah Provinsi Banten Ranta Suharta mengatakan pihaknya dikejar target untuk menyelesaikannya sampai akhir bulan november ini.

“Sesuai dengan berbagai kebutuhan yang meningkat maka jumlah APBD yang dianggarkan pun meningkat hingga mencapai 10 Trilyun lebih, dari tahun 2016 yang hanya 9,3 Trilyun rupiah,” ungkap Ranta, kemarin.

Kendati demikian, Ranta tidak menjelaskan secara detail pos kebutuhan yang mana yang membuat adanya peningkatan kebutuhan ini, termasuk saat ditanya wartawan adanya potensi peningkatan APBD karena adanya Bank Banten.

Meskipun ada peningkatan APBD, ternyata pemerintah Provinsi Banten juga melakukan berbagai pemangkasan kebutuhan untuk tahun 2017 mendatang. Pemangkasan ini di antaranya mengurangi dan bahkan ada yang menghapus honoraroium pegawai yang tidak diperlukan, dan ada juga mengurangi alokasi intensif pajak daerah atau yang disebut upah pungut.

Penyusunan APBD Banten 2017 ini memang agak berbeda dengan penyusunan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya pemerintah Provinsi Banten memberlakukan sejumlah  kebijakan lokal yang diharapkan bisa membuat pelaksanaan pembangunan di lingkungan pemerintahan bisa lebih efektif dan efisien.