Harga Minyak Goreng dan Gula Pasir di Cilegon Naik

CilegonSeperti tahun-tahun sebelumnya, awal bulan ramadhan selalu diwarnai dengan kenaikan harga sejumlah komoditi. Di Kota Cilegon, Banten, kenaikan harga barang pokok yang menonjol terjadi pada minyak sayur dan gula pasir.

Menurut salah satu  pedagang di Pasar Kranggot, Kota Cilegon, kenaikan harga minyak sayur rata-rata sebesar seribu rupiah, sedangkan kenaikan harga gula pasir berkisar seribu hingga dua ribu rupiah.

“Pedagang tidak bisa menahan harga karena agen tempat kami membeli sudah menaikan harga terlebih dahulu,” kata Sugi, salah satu pedagang, kemarin.

Sementara Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri, Bidang Perdagangan, Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kota Cilegon, Ikhsan Hasibuan, mengaku pihaknya sudah memantau pergerakan harga pasar.

“Kenaikan memang didominasi minyak goreng dan gula pasir. Khusus gula pasir, kenaikan terjadi karena saat ini, pabrik gula di daerah Lampung lagi masa penggilingan, sehingga pasokan gula dari Pulau Jawa banyak dikirimkan ke sana,” kata Ikhsan.

Sementara itu, ada harga sejumlah komoditi lainnya yang ikut beranjak naik dengan kisaran harga seribu hingga dua ribu rupiah. “Kami akan berusaha menekan harga kedua komoditi ini dengan berkoordinasi dengan pihak Bulog Serang,” tandasnya. (Henny)