Masa Tanam Kota Serang Akhir April 2016

Serang – Musim kemarau yang mengakibatkan gagal panen beberapa ratus hektar lahan persawahan di Kota Serang, akhir tahun 2015 lalu membuat pihak Dinas Pertanian, Kelautan, dan Perikanan (DPKP) Kota Serang mencari strategi baru untuk membantu nasib petani. Untuk itu, sebelum masa tanam dimulai, DPKP rencananya akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu agar para petani semakin mengerti tentang lahan yang mereka olah  sehingga hasil panen bisa optimal.

Menurut kepala Dinas PKP Kota Serang, Hafidi, mereka juga membuat strategi pembuatan embung untuk cadangan air jika terjadi kemarau di bulan Mei mendatang. “Selain itu, kami juga akan berkoordinasi dengan Dinas Sumber Daya Air dan Pemukiman, agar pembagian air bisa dilakukan secara merata sehingga saluran irigasi bisa teraliri,” katanya, kemarin (11/4/2016).

Akhir tahun 2015 lalu, ratusan hektar lahan persawahan di Kota Serang tak terselamatkan karena mengalami kekeringan. Tanaman padi yang hanya beberapa minggu lagi hendak dipanen menjadi kering dan hampa karena kekurangan air. Sejumlah upaya dilakukan, termasuk normalisasi saluran irigasi agar lahan sawah petani ter-airi. (Henny)