Berita AktualBerita DaerahBerita Kesehatan

Jadi RS Rujukan, RSUD Drajat Prawiranegara Hanya Dibantu 6 Miliar

SerangDirektur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Drajat Prawira Negara Dokter Agus Gusmara mempertanyakan janji Kementrian Sosial yang akan membantu anggaran operasional sebesar 25 miliar kepada pihaknya sebagai rumah sakit rujukan. Pasalnya, realisasi yang diterima pihaknya pada tahun 2016 ini ternyata hanya 6 miliar saja.

“Aliran bantuan dana ini tidak langsung dari Kemenkes tetapi melalui Pemda Provinsi Banten, sebagai perpanjangtanganan Pusat. Saya sudah tanyakan ke Bappeda Pemprov Banten dan ternyata mereka memang hanya dibantu 6 miliar saja, sedangkan RSUD Pandeglang yang bukan rumah sakit rujukan malah dibantu 20 miliar,” kata dokter Agus, kemarin (3/3/2016).

Menurut Dokter Agus, saat ini Rumah Sakit Umum Daerah Drajat Prawiranegara sudah ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan regional, yang bisa menerima rujukan pasien dari Kabupaten Lebak, Pandeglang, Serang, dan Cilegon. “Otomatis dengan beban ini biaya operasional rumah sakit menjadi bertambah, karena itu dengan ditetapkan bantuan yang hanya 6 miliar akhirnya kami terpaksa mengubah skala prioritas belanja operasional dengan mengorbankan sejumlah rencana program lainnya,” tandasnya. (henny)