Banten Akan Bangun Divre Sendiri

SerangMeskipun sudah hampir 16 tahun Banten menjadi Provinsi, sejumlah kantor cabang pemerintahan ternyata masih banyak yang bergabung dengan daerah lain, terutama DKI Jakarta. Salah satunya yang kini masih menginduk Badan Urusan logistik Bulog, yang masih menyatu menjadi Bulog DKI Jaya dan Banten.

Menurut Kepala Divisi Regional atau Divre DKI dan Banten, Agus Dwi Indriyanto, saat ini sudah ada wacana untuk pembuatan Divre Khusus Banten.

“Mengingat kebutuhan beras yang cukup tinggi, ada kemungkinan Banten akan membuat divre sendiri, meskipun di Kantor Pusat baru perombakan birokrasi,” ujar Agus, Sabtu (6/2/2016).

Menurut Agus, saat ini meskipun ada 34 Provinsi di Indonesia, bulog hanya mempunyai 26 divisi regional. Ada beberapa divre yang merupakan penggabungan dua provinsi di antaranya DKI Jaya dan Banten, Sumatera Selatan dan Bangka, serta Riau dan Kepulauan Riau.

“Mskipun divrenya masih bergabung, penyaluran dan penyimpangan beras bulog masih berjalan lancar. Namun, bulog berencana akan memisahkan divre ini jika memang pekerjaan yang ada semakin banyak dan memerlukan konsentrasi di satu tempat saja,” kata Agus. (henny)