Berita Aktual

Pemprov Banten Dekatkan Pelayanan Adminduk

SERANG, beritaindonesianet-Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar menggelar layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) dalam rangkaian ekspedisi reformasi birokrasi tematik berdampak di setiap Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten. Upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dalam rangkaian ekspedisi reformasi birokrasi tematik berdampak.

Al Muktabar mengatakan, layanan Adminduk terus bergulir pada titik-titik kebutuhan masyarakat. “Kita terus mendekatkan berbagai layanan tersebut,” katanya usai menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat di Aula Kecamatan Sukamulya Kabupaten Tangerang, Rabu (31/1/2024).

Menurut Al Muktabar, pihaknya bersama Kabupaten/Kota memperkuat layanan semaksimal mungkin. Berbagai layanan diberikan pada berbagai simpul-simpul tertentu, untuk memudahkan masyarakat mendapatkan akses layanan. “Dan, sampai saat ini, untuk perekaman e-KTP di Provinsi Banten sudah mencapai 99,68%,” katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKB), Siti Ma’ani Nina mengatakan, pelayanan administrasi kependudukan berkaitan dengan pemenuhan hak sipil masyarakat. Pelayanan dilaksanakan bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten. Layanan yang diberikan antara lain perekaman e-KTP, kartu keluarga, penerbitan akte kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA) dan pelayanan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Menurut Nina, layanan Adminduk juga berkaitan dengan menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. “Kami menyisir, mengimbau dan mengajak masyarakat untuk melengkapi Adminduk,” katanya. Khususnya, lanjut Nina, kepada pemilih pemula yang pada tanggal 14 Februari 2024 berusia 17 tahun, diharapkan segera melakukan perekaman e-KTP. “Sehingga, pada waktunya Pemilu 2024 dilaksanakan, pemilih pemula sudah memiliki e-KTP,” katanya.

Selain itu, Nina mengimbau kepada keluarga yang anggota keluarganya meninggal dunia segera melaporkan agar dapat diterbitkan akte kematian. Sehingga, tidak tercatat sebagai pemilih.

Terkait pelayanan Adminduk pemilih pemula, rekan” Dukcapil Kabupaten/Kota intens melaksanakan jemput bola ke sekolah-sekolah, pondok pesantren. “Dan, tempat lain yang merupakan kantong-kantong pemilih pemula,” katanya.

Kepala bidang Kependudukan dan Catatan sipil pada DP3AKKB Provinsi Banten, Mugni Laqoni mengatakan, masyarakat menyambut antusias atas layanan Adminduk tersebut. Pada setiap kesempatan, pihaknya paling sedikit melayani 100 dokumen kependudukan.

Pelayanan Adminduk sangat dirasakan masyarakat manfaatnya. Warga Kampung Sadang Desa Kubang Kecamatan Sukamulya, Siti Marwah (31 tahun) mengaku bersyukur atas layanan Adminduk saat itu. Siti mengaku mendapatkan informasi dari Kepala Desa dan langsung memanfaatkannya. “Layanannya cepat dan dekat,” katanya yang mengaku sedang membuat KIA.(hen)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"