Berita AktualBerita Daerah

Kesbangpol Provinsi Banten Adakan Lomba Cerdas Cermat Kebangsaan Antar Lembaga

SERANG, beritaindonesianet-Puluhan aktivis lembaga di Provinsi Banten mengikuti Lomba Cerdas Cermat Kebangsaan di aula Gedung Aspirasi DPRD Provinsi Banten, Kamis (27/10). Kepala Kesbangpol Provinsi Banten berharap agar perlombaan tersebut bisa meningkatkan semangat kebangsaan dan nilai-nilai Pancasila di Banten.

“Sekarang ini pengaruh arus globalisasi sangat kuat, pengaruh perkembangan teknologi juga sangat kuat. Karena itulah, kita harus sering mengingatkan masyarakat tentang nilai-nilai kebangsaan, nilai-nilai Pancasila,” kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Banten Ade Aryanto, usai Pembukaan acara lomba.

Ade mengakui jika saat ini terjadi peningkatan penguatan nilai-nilai Pancasila. Meskipun demikian, pihaknya mengaku tidak bisa berdiam diri dan tetap harus meningkatkan nilai-nilai yang ada. “Kita harus lebih sering mengingatkan kembali,” ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Idiologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Provinsi Banten Faturohman yang juga sebagai ketua panitia, dalam laporannya menyebutkan bahwa perlombaan cerdas cermat merupapakan salah satu rangkaian kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan dan Pancasila yang dilakukan Kesbangpol Provinsi Banten.
“Ini merupakan salah satu kegiatan sosiasi tentang empat pilar kebangsaan, termasuk di dalamnya Pancasila,” katanya.

Fathur berharap perlombaan tersebut bisa membuat masyarakat untuk merefresh lagi pengetahuian mereka tentang Pancasila. “Kita ingin membumikan Pancasila,” katanya.

Perlombaan Cerdas Cermat Kebangsaan tersebut merupakan yang pertama dilakukan antar lembaga di Provinsi Banten. Para perserta yang hadir berasal dari Badan Pemusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Purna Paskibraka Indonesia (PPI), Karang Taruna, dan GP Ansor.

Setelah melakukan seleksi tim dari tiap-tiap lembaga, para tim peserta baru dikompetisikan dengan lembaga lain. Dalam pertandingan tersebut, tim PKK Kota Cilegon meraih juara pertama, disusul tim PKK Kabupaten Tangerang meraih juara kedua, sedangkan juara ketiga diraih tim Karang Taruna Kota Serang. (odeh)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"