Anggota LPM Kota Serang Diimbau Untuk Tidak Bosan Berkarya Ajak Masyarakat Bangun Kemandirian

SERANG, beritaindonesianet – Anggota Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) diimbau untuk tidak bosan berkarya mengajak masyarakat untuk bisa membangun kemandirian melalui program-program yang sudah dicanangkan pemerintah, atau program LPM yang mendukung program pemerintah. Hal tersebut disampaikan Plt Ketua DPD LPM Provinsi Banten usai melantik para pengurus DPD LPM Kota Serang periode 2020-2025.
“Jangan pernah bosan berkarya mengajak masyarakat agar bisa membangun kemandirian melalui program-program yang sudah dicanangkan pemerintah, atau program LPM sesuai tingkatanya yang mendukung program pemerintah sesuai tingkatannya,” ujar Plt Ketua DPD LPM Provinsi Banten H. Abdulrahim Odeh, saat menyampaikan sambutannya di aula salah satu rumah makan di Kota Serang, Banten, Sabtu (16/10).
Menurut Odeh, para pengurus LPM bisa berkontribusi terhadap pembangunan daerah dengan memberikan usulan-usulan sesuai tingkatannya. “Contoh LPM Kota Serang bermitra dengan Pak Walikota, memberi usulan-usulan. LPM Kecamatan dan Kelurahan bermitra dengan Pak Camat dan Pak Lurah, berbagi informasi, saling dukung mendukung, barulah dikritik soal anggaran. Kalau anggaran tidak ada jangan maksa. Kita harus bisa mengukur anggaran kecamatan dan kelurahan. Atau LPM mengawal program kelurahan dan kecamatan.”
Sementara itu, Ketua DPD LPM Kota Serang Ahmad Rosadi mengaku akan membangun Kota Serang dengan program-program LPM mulai dari tingkat kelurahan. “Kita akan mengaktikan LPM mulai dari tingkat kelurahan supaya bersinergi dengan kelurahan. Karena bagaimanapun juga program-program pemerintah butuh bantuan, support di antaranya dari LPM.”
Kaitan dengan LPM Kelurahan, Ahmad Rosadi mengajak para pengurus untuk membangun kebersamaan melalui UMKM. Dan kemudian bagaimana memberdayakan masyarakat dari tingkat kelurahan. “Salah satu contohnya dengan budidaya perikanan dan pertaniain, supaya bersinergi dengan dinas terkait atau OPD yang ada di Kota Serang.”
Ahmad Rosadi juga mengakui masih adanya beberapa LPM kecamatan yang masih belum bisa bersinergi dengan kecamatan. ‘Padahal kalau kita melihat di kecamatan juga sebagai pengguna anggaran, nah itu juga kan bagian dari kemitraan tingkat kecamatan, karena bisa mengkoordinir. Kalau komunikasinya baik di tingkat kecamatan, jadi otomatis saran dan masukan dari LPM kecamatan bisa diterima oleh camat terkait dengan pembangunan yang ada dilokuskan di tingkat kelurahan.
Ahmad Rosadi, yang juga anggota DPRD Kota Serang dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) dilantik menjadi Ketua DPD LPM Kota Serang periode 2020-2025, Sabtu (16/10) bersama sejumlah pengurus lainnya. Pelantikan tersebut berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (hen)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"