Berita AktualBerita Daerah

Polda Lampung Tertibkan dan Bina Atribut Satpam

BANDAR LAMPUNG- Polda Lampung melakukan penertiban dan pembinaan terhadap atribut Satpam di wilayah hukum Polda Lampung, pada Senin (06/09).

Dirbinmas Polda Lampung, Kombes Pol. Anang Triarsono SIK,MSi, mengatakan, penertiban ini dilakukan berdasarkan Perpol 04 tahun 2020 tentang Pam Swakarsa yang sudah diberlakukan sejak tanggal 5 Agustus 2021 berisi tentang penggunaan atribut dan seragam Satpam yang terbaru mirip seragam kepolisian.

“Didalam perpol disebutkan bahwa setiap anggota Satpam wajib mengikuti Diksar minimal Gada Pratama sebagai syarat legalitas seorang Satpam,” kata Anang.

Menurutnya, Satpam yang telah mengikuti pendidikan dasar (Diksar), akan mendapatkan ijazah dan KTA resmi yg ditandatangani oleh Dirbinmas Polda Lampung sebagai bukti sah seorang Satpam yang diizinkan untuk dapat menggunakan seragam dan atribut Satpam yang terbaru, sedangkan seragam Satpam yg lama (Putih Biru) sudah tidak berlaku lagi.

“Kepada seluruh penyedia Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) dan pengguna Satpam khusus diwilayah hukum Polda Lampung, agar melengkapi atribut dan KTA Satpamnya dengan berkordinasi kepada Dit Binmas Polda Lampung untuk mengikutsertakan dalam Diksar Gada Pratama,” ujarnya.

Adapun penertiban dan pembinaan ini, akan terus dilakukan dibeberapa tempat di wilayah hukum Polda Lampung. “Penertiban dan pembinaan telah dilakukan baik di Mall, Perbankan, Perusahaan, dan beberapa objek vital lainnya,” jelasnya.

Lebih di lanjut, tambah Anang Triarsono, bagi Satpam yang sudah mengikuti Diksar namun KTAnya sudah habis masa berlakunya agar melakukan perpanjangan KTA. “Untuk informasi dan koordinasi tentang Diksar Satpam dapat menghubungi kontak person AIPDA Nugroho, 082194484970 atau 081272504268,” imbuhnya.

Adapun penertiban yang sudah dilakukan selama kurang lebih 1 bulan dipimpin lansung oleh Kasubdit Satpam/Polsus Ditbinmas Polda Lampung, AKBP. Feriwanto S.Sos,MH beserta anggota yanh sudah banyak melakukan penertiban di wilayah hukum Polda Lampung.(kus)

beritain

Berita Indonesia Net adalah media online yang menyajikan berbagai informasi umum di seluruh dunia. Media ini diharapkan bisa menjadi jembatan informasi yang bermanfaat bagi seluruh pembaca, sesuai dengan mottonya "Bersama Anda, berbagi Informasi"