Kadisnaker Kota Bandar Lampung Imbau Perusahaan Perlakukan Khusus Karyawan yang Terkonfirmasi Positif Covid-19

BANDARLAMPUNG, beritaindonesianet-Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandar Lampung, Wan Abdurahman, mengimbau pihak manajemen perusahaan untuk memperlakukan karyawan yang terkonfirmasi positif covid-19 secara khusus. Hal tersebut sesuai edaran Menteri Tenaga Kerja yang meminta perusahaan memberlakukan khusus karyawan yang terkena covid 19.

“Kemarin memang sudah ada edaran menteri, memperlakukan karyawan yang positif corona secara khusus,” ujar Wan.

Wan Abdurahman juga mengimbau seluruh perusahaan khususnya di Kota bandar lampung memberikan fasilitas kesehatan kepada seluruh karyawan. Apalagi, karyawan tersebut termasuk karyawan tetap perusahaan.

Terkait sanksi terhadap perusahaan yang melanggar, Wan Abdurahman mengaku akan berkoordinasi dengan pihak Satgas Covid.

Sementara itu, sebuah perusahaan pengolahan kelapa sawit diduga menutup-nutupi kasus covid-19 yang menimpa sejumlah karyawanya. Mereka juga bahkan tidak memfasilitasi pemeriksaan para karyawan yang positif covid 19.

Berdasarkan informasi yang diperoleh beritaindonesianet, ada enam karyawan perusahaan yang bergerak di bidang olahan minyak sawit tersebut positif Covid-19.

Namun sayangnya pihak perusahaan malah tetap beroperasi dan tidak mengindahkan aturan pemerintah untuk meliburkan karyawan dan menutup operasional perusahaan, sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan cluster baru.

“Ada enam karyawannya positif covid, dari hasil tes lab. Tapi perusahaan yang ada di Jl. Yos Sudarso Panjang itu, tetap beroperasi dan tidak melakukan work from home sesuai anjuran dan imbauan pemerintah,” ujar SM salah satu keluarga karyawan yang terkena covid kepada awak media.

Dia juga menyayangkan tindakan perusahaan yang tidak membantu biaya tes pada karyawan yang terkena covid-19 tersebut. “ Lebih parahnya lagi karyawan yang kena covid itu tidak dibantu biaya cek di lab,” pungkasnya.

Terpisah, General Manager dari PT. LDC, Suheri, membantah informasi karyawan pada PT. LDC terpapar virus corona.

Ia malah mengarahkan awak media mengirimkan surat ke PT. LDC, jika hendak wawancara.

“Untuk informasi yang dari site saya tidak dapat memberikan informasi apapun, karena ada protap Jika bapak mau penjelasan detail, bisa kirim surat ke LDC dan list apa saja yang akan ditanykan,” kata dia melalui pesan whatsapp, Senin (1/2)(mba)